10 Tips Mengatasi Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur memang bukan penyakit yang berbahaya. tetapi kebiasaan yang buruk saat tidur ini tentunya akan sangat menganggu orang yang ada di sekitar anda. Mendengkur biasanya disebabkan oleh badan yang terlalu capek atau pernapasan yang tidak terlalu lancar. Nah, agar kebiasaan mendengkur bisa hilang, inilah 10 tips mengatasi mendengkur saat tidur yang mudah.

  1. Posisi tidur menyamping

Agar anda tidak mengeluarkan bunyi berisik saat tidur, hal yang bisa anda lakukan adalah memilih posisi tidur yang benar. Posisi tidur supaya dengkuran tidak lagi terdengar adalah posisi tidur menyamping karena posisi tidur ini dianggap bisa memperlancar pernapasan anda.

  1. Tidak mengkonsumsi Minuman Keras

Minuman Keras memang dikenal kurang baik untuk kesehatan. Jika anda adalah pencinta Minuman Keras dan kalau tidur anda tidak bisa jika tidak mendengkur, satu dari 10 tips mengatasi mendengkur saat tidur yang harus anda coba adalah dengan mengurangi konsumsi Minuman Keras karena konsumsi Minuman Keras berlebih bisa membuat pernapasan menjadi lambat.

  1. Tidur teratur

Ketika anda ingin menghilangkan kebiasaan mendengkur, cara yang paling ampuh mengatasi dengkuran adalah tidur tepat waktu. Saat anda sudah bisa tidur teratur, 6 jam sampai jam setiap hari, mendengkur pastilah akan hilang dengan sendirinya.

  1. Membersihkan hidung

Orang yang sedang terkena pilek biasanya akan mendengkur saat tidur, cara mengatasi dengkurannya anda perlu membersihkan dulu lender-lendir pada hidung sehingga pada saat tidur pernapasan anda bisa lancar dan dengkuran tak akan lagi terdengar.

  1. Jangan biarkan binatang peliharaan anda menyentuh bantal anda

Bantal bisa jadi menjadi alasan mengapa anda sering mendengkur saat tidur. Satu dari 10 tips mengatasi mendengkur saat tidur adalah mengecek selalu bantal yang anda gunakan. Jangan sampai bantal tersebut terkena bulu dari binatang kesayangan anda, misalnya kucing karena bisa membuat pernapasan menjadi tersumbat dan dengkuran akan terdengar.

  1. Minum air putih

Sudah banyak yang tahu bahwa air putih adalah air yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaatnya adalah bisa menghilangkan dengkuran saat tidur. Tentunya dengan syarat, jika anda mau mengkonsumsi air putih gelas setiap harinya minimal.

  1. Stop merokok

Cobalah anda lihat orang yang suka merokok, kebanyakan akan mendengkur saat tidur. Satu dari 10 tips mengatasi mendengkur saat tidur menjelaskan bahwa berhenti merokoklah yang bisa membuat orang tidak akan mengeluarkan bunyi berisik pada saat tidur alias ngorok.

  1. Diet

Diet adalah salah satu cara yang mesti anda lakukan ketika anda terus-terusan mendengkur saat tidur. Bisa jadi lemak yang menumpuk di badan andalan yang membuat pernapasan tidak lancar dan mengakibatkan ngorok saat tidur.

  1. Hindari makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur bukan hanya menyebabkan gemuk, tetapi juga membuat anda berisik saat tidur. Dengkuran tersebut akan hilang ketika anda mau mengosongkan perut anda tiga jam sebelum anda pergi tidur.

10. Hindari kopi

Kopi memang bisa membuat anda melek dalam waktu yang lama. Namun, jika anda mengkonsumsinya berlebihan, kandungan pada kopi bisa menganggu pernapasan dan akibatnya anda sering mendengkur saat tidur.

Setelah anda tahu beberapa tips atasi dengkuran saat tidur, anda bisa segera mempraktekannya agar orang yang di sekitar anda bisa tidur dengan nyenyak. Jadi, tak perlu lagi canggung atau malu tidur sama teman karena dengkuran tak akan lagi terdengar. Semoga informasi tentang 10 tips mengatasi mendengkur saat tidur di atas bermanfaat bagi Anda semua.

(diolah dari berbagai sumber)

Baca juga :

8240 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below