24 Poskes Siap Jaga 24 Jam

UPT Puskesmas Klangenan yang berada di jalur Pantura akan buka 24 jam layani masyarakat, terutama saat arus mudik dan balik Lebaran.

SUMBER – Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon akan menyiagakan 24 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas), baik yang berada di jalur utama pantura maupun alternatif. Hal itu untuk menghadapi lonjakan pemudik yang datang dari arah Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

Kepala Dinas Kesahatan Kabupaten Cirebon, H. Mohammad Sofyan, SH., MH., beberapa waktu yang lalu, mengatakan, dari 57 puskesmas yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Cirebon, 24 di antaranya akan bertugas 24 jam penuh guna membantu para pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan tingkat pertama. “Untuk puskesmas yang berada di jalur utama pantura kita akan mulai bekerja Jumat (10/07) mendatang sampai dengan Sabtu (25/07). Sementara untuk jalur alternatif, puskesmas siaga 24 jam akan mulai bekerja pada Selasa (14/07) sampai dengan Selasa (21/07) mendatang. Kita bekerja sesuai dengan wilayah puskemas,” jelasnya.

Kemudian, khusus untuk pos kesehatan di pintu tol Kanci, akan disinergikan dengan 3 wilayah puskesmas, yakni Astanajapura, Sidamulya dan Gembongan. Sedangkan yang berada di wilayah jalur utama pantura mendirikan pos di masing-masing puskemas. “Mereka akan bekerja secara bergantian atau menggunakan sistem tiga shift, karena setiap pos akan diisi 12 orang petugas medis,” katanya.

Sofyan menambahkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menyediakan obat-obatan yang diperlukan untuk Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) sebanyak 21 paket. Kemudian, ambulans juga disediakan di setiap pos. Termasuk, dokter, paramedis dan petugas lainnya. “912 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon siap bertugas ikut mengamankan arus mudik,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

4693 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below