Akhir Mei, Jalur Tol Cikapali Beroperasi

CIREBON – Jalan Tol Cikampek – Palimanan (Cikapali), khususnya Seksi VI Sumberjaya – Palimanan sepanjang 14,53 kilometer, sudah mencapai 95 %. Karena itulah, ditargetkan akhir Mei 2015 sudah layak beroperasi.

Kontraktor Manajemen Seksi VI B Konsorsium KG NRC, Irsan, beberapa waktu yang lalu mengemukakan, proyek Jalan Tol Cikapali, saat ini sudah mencapai tahap uji kelayakan dengan BPJP. Menjelang arus mudik, pihaknya memastikan sudah bisa dilalui. Rencananya, pada akhir Mei mendatang, sudah dilakukan open traffic. “Target kami pada akhir Mei. Mudah-mudahan arus mudik dapat dilalui kedua arah. Pekerjaan ini sudah mencapai 95% dan 5% lagi hanya pekerjaan yang ringan,” ujarnya.

Selanjutnya, uji kelayakan fungsi jalur tol sendiri sudah dilakukan pada 14 April kemarin. Pihaknya akan mengajukan uji layak fungsi tahap dua di akhir April, atau yang disebut dengan uji operasi. “Berdasarkan hasil pemaparan pengembang, pengerjaannya sudah mencapai 95%, dan kami berharap pekerjaan ini selesai dengan tepat waktu, karena ini sangat mengurangi beban jalur pantura,” katanya.

Sementara itu, Project Management Consultan Tol Cikapali, Anwar, menyebutkan, pekerjaan jalur tol di seksi VI Sumberjaya – Palimanan, khususnya di Ruas Bukit Salam, Kecamatan Ciwaringin, memakan waktu 10 bulan. Pasalnya, bukit tersebut terbuat dari bebatuan. Saat ini pembentukan jalur di tengah-tengah bukit hampir selesai dan hanya melakukan pekerjaan ringan. “Khusus di Bukit Salam sendiri mengalami kendala, karena bukit ini banyak terdapat bebatuan yang keras, sehingga kita harus melakukan pekerjaan ini selama 10 bulan. Saat ini tinggal melakukan pekerjaan ringan,” katanya.

Anwar menambahkan, pembangunan proyek Jalan Tol Cikapali terbagi dalam enam seksi. Seksi I Cikopo – Kalijati sepanjang 29,12 kilometer, seksi II Kalijati – Subang sepanjang 9,56 kilometer, seksi III Subang – Cikedung sepanjang 31,37 kilometer, seksi IV Cikedung – Kertajati sepanjang 17,66 kilometer, seksi V Kertajati – Sumberjaya sepanjang 14,51 kilometer, dan seksi VI Sumberjaya – Palimanan sepanjang 14,53 kilometer, yang dipegang dirinya. Diperkirakan pada Akhir Bulan mei sendiri sudah bisa beroprasi. “Pada pekerjaan kami, di seksi enam sendiri sudah hampir 100%. Kami lebih berkonsentrasi pada pekerjaan yang ringan-ringan seperti pengaspalan jalan, dan memberikan pembatas-pembatasan jalan. Kami sangat optimis pada beberapa bulan ke depan menjelang arus mudik, jalur Tol Cikapali sudah bisa beroprasi dan sudah dilakukan uji kelayakan fungsi tahap dua,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

7752 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below