Antisipasi banjir sungai di-kota Cirebon dinormalisasi

CIREBON – Tak ingin bencana banjir menjadi agenda rutin setiap saat musim hujan, Pemerintah Kota Cirebon melakukan sejumlah upaya. Diantaranya yaitu melakukan normalisasi atau pengerukan sungai. Seperti yang dilakukan kemarin (10/10), di dua sungai, yakni Sungai Cikenis dan Cikalong di Kelurahan Larangan Kecamatan Harjamukti.
Walikota Cirebon, Drs Ano Sutrisno MM menyampaikan, salah satu problem rutin yang menimpa Kota Cirebon di hampir setiap musim hujan adalah banjir. Oleh karenanya untuk mengantisipasi bencana langganan itu, pihaknya melakukan normalisasi sungai. Meski saat ini belum memasuki musim penghujan, justru jadi waktu tepat untuk melakukan pengerukan sungai.

“Karena memang problem yang kita alami setiap tahun, khususnya musim penghujan, yaitu banjir. Makanya kita lakukan antisipasi melalui program normalisasi sungai,” ungkap Ano di sela-sela melakukan monitoring pelaksanaan normalisasi Sungai Cikenis.

Orang nomor satu di Kota Cirebon itu juga menambahkan, program normalisasi sungai tak hanya berhenti di dua sungai tersebut, melainkan semua sungai yang melintasi Kota Cirebon. “Secara bertahap, semua sungai yang melintasi Kota Cirebon akan dilakukan normalisasi,” ujarnya.

Pria yang pernah menjabat kepala BKPP wilayah III Cirebon itu juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama komitmen menjaga lingkungan, dengan tidak membuang sampah ke sungai. Karena, kata Ano, program normalisasi sungai akan jadi percuma jika masih banyak masyarakat yang membuang sampah ke sungai.

“Tentunya saya juga berharap dan mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama memperhatikan kebersihan lingkungan, termasuk tidak membuang sampah ke sungai. Karena kalau sungai dipenuhi sampah, maka aliran air juga akan terhambat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWSCC), Kasno, mengatakan, area Sungai Cikalong yang dikeruk dengan mengerahkan alat berat itu sepanjang 700 meter dari total panjang sungai sekitar 2km. Dengan kedalaman kerukan 2m, ditargetkan akan selesai dalam waktu dua pekan.
“Untuk Sungai Cikenis sepanjang kurang lebih 3 km dinormalisasi dengan tenaga manusia sepanjang 260 m, akan selesai dalam waktu 10 hari. Karena memang alat berat tidak bisa masuk,” kata dia

sumber

10123 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below