Berawal dari Obrolan Biasa, Terbentuk Kampung Domba

Berita Online Cirebon - Kampung Domba di Dukupuntang

Berita Online Cirebon - Pemuda Karangtaruna Tunas Harapan Desa Sindang Jawa, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, mengajak masyarakat desa untuk membuka usaha. Caranya dengan membentuk koperasi Kampung Domba.

Ketua Karangtaruna, Galuh Puja menjelaskan, koperasi Kampung Domba yang belum lama diresmikan ini menjadi hadiah atas kerja keras pemuda yang tergabung dalam karang taruna, yang sudah kerja keras membentuk kampung domba dari awal.

“Pembentukan kampung domba berawal dari perbincangan di warung kopi, awalnya semua ini hanya sebatas obrolan yang tidak terfikirkan akan dilakukan sampai sejauh ini,” jelas Galuh.

Namun, Lanjut dia, perbincangan tersebut akhirnya dilakukan untuk membentuk Kampung Domba sebagai wadah belajar pemuda Desa Sindang Jawa untuk berwirausaha.

Berita Online Cirebon – Dengan modal iuran, awalnya tidak banyak hal yang bisa dilakukan pihaknya. Hanya bisa sebatas membuat satu kandang domba dan beberapa domba untuk diternak.

“Awalnya kami hanya mempuyai satu kandang dan beberapa ekor domba saja, karena terbatasnya modal. Namun  lama-lama keberadaan Kampung Domba diketahui masyarakat dan juga pemerintah desa, sehingga kami diberikan berbagai peluang untuk meningkatkan produktifitas Kampung Domba,” kata Purja

BACA JUGA:

Berita Online Cirebon – Akhirnya, Kampung Domba saat ini sudah mempunyai koperasi sendiri yang dikelola oleh pemuda karangtaruna. Perkembangan Kampung Domba sudah mulai terlihat dari jumlah domba yang bertambah banyak.

Bahkan pihaknya harus membagi menjadi tiga jenis kandang, ada kandang pembesaran, kandang penggemukan, dan kandang perkembangbiakan atau khusus kandang domba betina.

“Alhamdulillah saat Kampung Domba sudah banyak dikenal masyarakat  penjualan dombanya juga meningkat. Apa lagi ketika hari raya kurban tahun kemarin kami sampai kewalahan menangani pemesanan, sedangkan masih keterbatasan dari domba yang kami miliki,” tuturnya.

Berita Online Cirebon – Selain itu, Kuwu Sindang Jawa Kasturi Satiman mengungkapkan, pihaknya sangat bangga terhadap semangat pemuda di desanya yang bisa membuat kampung domba menjadi besar dan terkenal di kalangan masyarakat Cirebon. Banyak prestasi yang didapatkan pemuda melalui karangtaruna.

“Pemdes akan terus mendukung. Tentu sesuai dengan kemampuan kami untuk membantu, karena dengan majunya Kampung Domba, tentu hal yang baik juga untuk Pemdes Sindang Jawa,” tandasnya

(sumber)

1306 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below