DBD Masih Hantui Warga

CIREBON – Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menyerang warga Kabupaten Cirebon. Seperti yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun, masih banyak pasien menjalani rawat inap karena DBD. Penderita DBD rata-rata masih anak-anak. Dalam waktu 3 bulan di tahun 2015, pengidap DBD di Rumah Sakit Arjawinangun sudah mencapai 155 pasien. Dari jumlah pasien tersebut, terdapat 4 pasien yang meninggal dunia. Hal itu karena adanya keterlambatan pasien untuk dirawat di rumah sakit. Sementara di Rumah Sakit Sumber Waras Kecamatan Ciwaringin, juga masih banyak pasien yang mengidap DBD. Pada bulan Maret saja, terdapat 4 pasien dan satu orang meninggal dunia akibat DBD.

Salah satu dokter RSUD Arjawinangun, Dewi Darmayanti, hari Senin (30/03) kemarin, mengungkapkan, pasien yang mengalami DBD masih berdatangan. Penderita DBD mayoritas masih kalangan anak-anak. Karena pada usia anak-anak, daya tahan tubuh masih cukup lemah, sehingga sangat rentan terkena penyakit. “Khusus untuk pasien yang sampai meninggal dunia diakibatkan DBD, dikarenakan keterlambatan pada pasien tersebut untuk diberi pengobatan atau dilarikan ke rumah sakit,” katanya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kabag Humas Rumah Sakit Sumber Waras Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, Bambang, menyebutkan, banyaknya anak-anak yang terserang penyakit DBD karena kurangnya perhatian orang tua terhadap lingkungan. Karena segala penyakit terdapat dari kebersihan lingkungan rumahnya masing-masing. “Penyakit demam beradarah ini, diakibatkan kurangnya perhatian pada kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Bambang menambahkan, pihaknya mengimbau warga Kabupaten Cirebon, khususnya orang tua agar lebih memperhatikan lingkungan rumahnya masing-masing agar terhindar dari penyakit. Terlebih, mendekati pergantian cuaca atau pergantian dari musim hujan ke musim panas, akan banyak genangan air. Meskipun air tersebut terlihat bersih, namun tetap saja harus diperhatikan, untuk menjaga kesehatan anak-anak dan terhindar dari DBD.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

7786 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below