Disdik Bahas Seleksi PPDB

KESAMBI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, akan membahas secara komprehensif rencana penerimaan siswa baru menggunakan sistem tes masuk sekolah. Terpenting, seluruh rangkaian proses seleksi penerimaan siswa baru, dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Dr. H. Wahyo, M.Pd., hari Jum’at (24/04) kemarin, mengemukakan, sistem pendidikan selalu mengalami dinamisasi seiring perjalanan waktu dan kebijakan. Sebagai contoh, nilai Ujian Nasional (UN) yang semula menjadi satu-satunya syarat kelulusan siswa dalam menempuh pendidikan, kini tidak berlaku. Dengan demikian, dinamisasi dalam penerimaan siswa baru terbuka kemungkinan berubah. Dalam sejarahnya, sistem penerimaan siswa didik baru, mengalami beberapa perubahan. Mulai dari seleksi berdasarkan nilai UN secara manual, hingga Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online.

Kemudian, dalam hal ini termasuk ajuan rencana Penerimaan Peserta Didik Baru menggunakan tes masuk sekolah, semua ditampung sebagai bentuk upaya perbaikan sistem pendidikan. “Seluruh aspirasi yang masuk kita tampung,. Tentu ini pembahasan bersama. Setiap sistem ada kekurangan dan kelebihan. Kita mencari yang terbaik, karena yang terpenting pendidikan di kota Cirebon dapat semakin maju dan berkualitas,” terangnya.

Lebih lanjut Wahyo menjelaskan, alasan perlunya sistem tes masuk sekolah karena nilai UN tidak menjadi satu-satunya syarat kelulusan, bisa diterima. Hanya saja, pihaknya belum dapat memastikan sistem tersebut adalah yang terbaik. Bahkan, untuk memastikan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di tahun ini saja, belum terdapat kepastian penuh. Meskipun, rencana awal tetap menggunakan sistem PPDB online dengan perbaikan atas kekurangan yang ada. “Semua masih kita kaji dan bahas. Terpenting, semua warga Kota Cirebon mengenyam pendidikan dengan mudah, murah dan berkualitas,” tambahnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

8223 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below