Disdik Cairkan Sertifikasi Triwulan Pertama

SUMBER – Guru-guru yang mendapatkan sertifikasi dapat bernafas lega. Pasalnya, sertifikasi triwulan pertama tahun 2015 akan cair pada hari Rabu (29/04) ini. Sertifikasi bulan Januari, Februari dan Maret itu akan masuk ke rekening masing-masing guru via Bank BJB.

Kasubag Keuangan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Sudiharjo, menjelaskan, sebanyak 7.520 guru akan menerima pencairan sertifikasi triwuan pertama. Jumlah tersebut, terdiri dari 450 guru tingkat Pendidikan Menengah, 6.820 guru tingkat Pendidikan Dasar dan 250 guru tingkat PAUDNI atau TK. “Total jumlah uang yang akan ditransfer sekitar Rp. 81,3 Milliar,” terangnya.

Kemudian, jumlah tersebut belum termasuk Pajak Penghasilan yang harus dibayarkan. Nominal pajak masing-masing guru pun berbeda, antar 5 – 15 persen. Sehingga, setelah pengurangan pajak, maka nominal sertifikasi yang akan diterima oleh 7.520 guru sebanyak Rp. 70,930 Milliar. “Surat Perintah Pencairan Dana atau SPPD dari keuangan sudah turun, hari Selasa (28/04) kemarin sudah kita urus ke Bank, dan mudah-mudahan hari Rabu (29/04) ini sudah bisa cair dan masuk ke rekening,” ungkapnya.

Selanjutnya, terkait selisih 6 persen yang belum dibayarkan pada sertifikasi di tahun 2014 lalu, pihaknya masih menunggu Surat Keputusan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Pasalnya, berdasarkan hasil konsultasi dengan Kemendikbud, Disdik Kabupaten Cirebon diminta untuk melakukan verifikasi terhadap guru-guru yang harus menerima selisih 6 persen sertifikasi itu. Setelah diverifikasi, barulah nama-nama itu diusulkan ke Kemendikbud RI.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

7773 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below