Formasi CPNS Kota Dibuka Tahun 2016

KESAMBI – Kran formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Cirebon masih belum dibuka hingga tahun ini. Padahal, kebutuhan pegawai bertambah setiap tahunnya, akibat banyak dari pegawai yang pensiun. Kekosongan formasi pegawai itu, belum terisi sejak lima tahun silam.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BK-Diklat) Kota Cirebon, Drs. Anwar Sanusi, hari Minggu (28/06) kemarin, mengutarakan, pihaknya telah mengusulkan secara administratif atas kebutuhan pegawai di Kota Cirebon kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi. Kajian yang diusulkan itu, adalah analisis jabatan dan analisis beban kerja. “Usulan sudah kami sampaikan, mengenai analisa jabatan dan beban kerja, serta kebutuhan pegawai di Kota Cirebon,” ujarnya.

Namun demikian, menurut informasi yang diterimanya, Pemerintah Pusat memang belum membuka CPNS bagi seluruh daerah untuk tahun 2015. Pembukaan CPNS secara nasional dibuka pada tahun 2016, setelah usulan dari Pemerintah Daerah masuk semua ke Kementerian PAN-RB.

Selanjutnya, Kota Cirebon sendiri, membutuhkan total 2.612 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan basis perhitungan mengacu kepada Peraturan Menteri (Permen) No. 26 tahun 2011. Selama ini, formasi yang dibutuhkan didominasi oleh tenaga pendidikan dan kesehatan. Di samping juga kebutuhan tenaga fungsional di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Anwar menambahkan, kebutuhan pegawai juga tidak hanya dialami dari bidang tenaga pendidik maupun tenaga medis, akan tetapi juga dialami oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Cirebon. Pasalnya, banyak dari SKPD mengeluhkan mengenai kekurangan tenaga lapangan, staf dan tenaga ahli.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

10700 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below