Harga Burung Murai Medan Melambung Tinggi

muraiDUKUPUNTANGBurung murai medan belakangan ini mulai banyak diminati para penghobi burung kicau. Selain suaranya merdu, murai medan juga ternyata pandai menirukan beragam suara burung lain seperti suara cililinan, suara kenarian dan suara burung jenggot. Jenis murai sendiri yang banyak dijumpai disetiap pedagang burung sangat beragam, mulai dari murai medan, Burdan, Lampung, Borneo dan murai Aceh. Harganya pun sangat fantastic mulai dari Rp2 juta hingga Rp10 juta, bahkan ada beberapa burung murai medan yang harganya mencapai ratusan juta.

Salah satu pedagang burung di Jalan Nyi Ageng Serang, Desa Cangkoak Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, H. Umadi (63), belum lama ini mengemukakan, jika burung murai sudah menang kontes harga murai melambung, bisa mencapai ratusan juta. Dikatakan dia, beberapa bulan sebelumnya burung kenari memang sempat ramai di pasaran. Hanya saja, mudahnya orang untuk melakukan budidaya burung kenari mengakibatkan harga burung kenari berangsur turun. Selanjutnya, setiap hari gerai burung miliknya selalu ramai dikunjungi pecinta burung kicau. Dari yang sekedar tanya-tanya hingga tak jarang mereka terpikat untuk membeli burung di gerai Umadi yang telah dirintisnya sejak satu tahun silam.

H. Umadi menambahkan, selain menyediakan burung murai medan, gerainya tersebut juga menyediakan beragam kenari, cicak ijo, lavebird, jalak suren, anis, nuri, betet, kepudang dan burung kicau lainnya. Dalam satu bulan, dirinya mampu menjual burung murai medan 13 ekor dengan rata-rata harga Rp3-4 juta dan belasan burung lainya dengan rata-rata harga Rp1 juta.

Sumber : cirebonnews.com

19446 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below