Kabupaten Cirebon Belum Siap UN Online

SUMBER – Kabupaten Cirebon ternyata masih belum siap untuk menggelar Ujian Nasional (UN) secara online. Pasalnya, puluhan SMA dan SMK masih belum siap menerapkan kebijakan tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, Dra. Hj. Dewi Nurhulaela, M.Pd., belum lama ini menjelaskan, untuk tahun 2015, sempat ditunjuk empat sekolah yang hendak dijadikan percontohan pelaksanaan ujian nasional online. Namun setelah melewati berbagai pertimbangan, keempat sekolah yang ditunjuk yakni SMAN 1 Sumber, SMAN 1 Palimanan, SMK Susukan dan SMKN 1 Kedawung belum siap untuk menyelenggarakan UN online. “Memang ada penawaran, tapi tidak dipaksakan. Karena untuk pelaksanaan UN online ini harus melihat kesiapan perangkat dan juga anak didik,” tuturnya.

Setelah dibahas, pihaknya mengaku instansinya mendapatkan laporan bahwa keempat sekolah tersebut belum siap untuk menyelenggarakan UN secara online. Maka dari itu, untuk tahun ini, pelaksanaan UN di semua sekolah masih menggunakan cara manual. “Kita tidak ada intervensi dan juga tidak mau memaksa, karena kalau dipaksakan, khawatir siswa-siswi yang menjadi korban. Ketika perangkat tidak siap tapi dipaksakan online, kan kasihan juga anak-anaknya. Jangan sampai anak-anak yang nantinya malah jadi rugi karena UN online,” lanjutnya.

Dewi menambahkan, meskipun memang UN bukanlah penentu kelulusan, namun demikian beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah mulai mempertimbangkan hasil UN sebagai seleksi penerimaan mahasiswa baru. Sehingga, jika terjadi kesalahan teknis dalam pelaksanaan UN online, dikhawatirkan hasil UN siswa-siswi pun tidak maksimal. “Karena berisiko, ketika anak-anak tidak paham cara menjawab soalnya, atau perangkatnya kurang, ini yang harus diwaspadai. Meski bukan penentu kelulusan, tapi bagi anak-anak yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, mereka fokus pada UN agar bisa maksimal,” tuntasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

–              Banjir,  Produksi Padi Tidak Terganggu

–              Petani Memilih Panen Lebih Awal

–              Pemkab Tidak Kreatif Atasi Banjir

–              Bulog Bantah Beras Raskin Tidak Layak Konsumsi

6925 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below