Kartu Indonesia Sehat Penjelmaan BPJS

KESAMBI – Meski Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah diluncurkan Pemerintah RI belum lama ini, ternyata untuk sebarannya masih belum merata, tanpa terkecuali termasuk di Kota Cirebon.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. H. Edy Sugiarto. M.Kes., beberapa waktu yang lalu mengungkapkan, sampai dengan saat ini Kota Cirebon masih belum menerima Kartu KIS, sehingga belum ada pendistribusian ke masyarakat. Menurutnya, KIS sebenarnya sama dengan BPJS. Sementara yang berbeda hanya ganti kartu menjadi kartu KIS, pasalnya untuk mekanisme pembayaran iurannya tetap sama dengan tata cara seperti BPJS. “Intinya sih sama, BPJS itu kan zaman Pak SBY, zaman Pak Jokowi diganti menjadi KIS. Hanya itu saja kok,” terangnya.

Selanjutnya, untuk warga Kota Cirebon yang dibayarkan iuran bulanannya oleh Pemerintah Pusat mencapai 102.678 orang. Sedangkan yang dibayarkan Pemerintah Kota Cirebon sebanyak 42.872 orang. Bahkan, jika dihitung sebenarnya mencapai 160 ribu orang. Itupun belum ditambah dengan TNI/Polri dan PNS yang jumlahnya mencapai 30 ribu orang. “Kita terbaik nomor empat di Jawa Barat dalam hal Jaminan Kesehatan Masyarakat,” tandasnya.

Edy menambahkan, untuk Kartu KIS tidak lama lagi akan didistribusikan dan hanya menunggu waktu saja, apalagi acuan data BPJS maupun KIS berdasarkan data Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) dari BPS.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

10567 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below