Kerajinan Kerang Asal Palimanan ‘Terbang’ Hingga Amerika dan Eropa

Kerajinan Kerang

Kerajinan Kerang – Sungguh mulia yang dilakukan pengrajin kerang warga Desa Tegalkarang Kec Palimanan. Demi warga di sekitarnya ia rela memberikan ilmu pembuatan hiasan yang berbahan kerang untuk memberdayakan warga sekitarnya.

Maskuri warga Desa Tegalkarang yang sejak tahun 2007 sudah menggeluti pembuatan berbagai hiasan berbahankan kerang, hingga saat ini hasil kerjanya sudah bisa diekspor ke mancana negara seperti Amerika, Belanda, Itali, Spanyol dan China.

Dengan 8 karyawan yang dimilikinya ratusan type hisan kerang sudah dibuatnya, berbagai hiasan yang sudah diekspornya seperti lampu hiasan gantung, dinding, piring, dan hiasan lainnya, serta sofa shet yang semuanya terbuat dari kerang.

“Kalau ada order banyak saya libatkan masyarakat sekitar karena semuanya sudah mendapatkan pelatihan dari saya, sehingga bentuk apapun yang diinginkan masayarakat sudah bisa membuatnya,” terang Maskuri di kediamannya, Jumat (2/9).

Menurutnya SDM yang ada sudah siap, bahkan bahan bakupun tidak pernah kekurangan, meski harus mengambilnya di Cirebon, Situpundung Jatim, Pangandaran dan Jepara, namun sudah siap kirim saat dibutuhkan.

“Bermacam hiasan berbahan kerang siap tersedia, harganyapun dari mulai 100 ribuan hingga puluhan juta seperti sofa shet yang semua bahannya terbuat dari kerang,” katanya.

Dirinya juga mengaku sudah menjadi binaan Kementrian Kelautan Pusat, Dinas Kelautan, Desperindag, Dinas Koprasi, Bank Indonesia dan BPTP. Dirinya berharap pemerintah daerah untuk bisa memasarkan hasil karyanya sehingga pemesanan bisa datang dengan rutin.

“Karena dengan banyak order berati kita akan banyak memberdayakan masyarakat sekitar, karena saat ini kesulitan kita dalam pemasaran, saya ingin Desa Tegalkarang ini menjadi sentra kerajinan Kerang yang tidak kalah dengan daerah lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Sementara itu ketua HIPMI Kab Cirebon Eki Bahtiar mengatakan sangat mendukung kegiatan ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat, baik petani dan pengrajin. Menurutnya Ini merupakan salah satu kekuatan dan ketahanan ekonomi langsung di masyarakat.

“Kegiatan ekonomi yang menggunakan berbasis pemberdayaan akan lebih dihargai oleh negara negara maju seperti eropa dan Amerika bahkan isu pemberdayaan masyarakat akan menjadi salah satu perhatian dunia comunity development karena dianggap menjadi kegiatan yang sangat membantu dan mengentaskan permasalahan ekonomi di level bawah.” Terangnya.

Dikatakannya saat ini isu-isu community development dan lingkungan sudah menjadi sebuah komitmen negara-negara maju, bahkan sampai kepada masyarakatnya mereka untuk tidak membeli produk-produk dari pengusaha yang tidak menjaga lingkungannya.

Pengrajin kerang desa Tegalkarang salah satu kelompok yang akan terus berkembang menjadi besar dalam hal pemberdayaan masyarakatnya. HIPMI akan terus membantu agar benar-benar Desa Tegalkarang menjadi sentra pengrajin kerang yang di minati dunia.

Kami HIPMI kab Cirebon siap menjadi mitra kerja dari kelompok kerajinan kerang di Desa Tegalkarang, dan yang akan kami lakukan adalah mempromosikan kerajinan kerang itu kepada mitra HIPMI, kami tidak akan pernah lelah memberikan pelatihan kepada masyarakat disekitar Desa Tegalkarang,” tandasnya.

(sumber)

6221 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below