Keraton Kasepuhan Cuci Pusaka

pusakaLEMAHWUNGKUK Sebagai pelestarian tradisi, keris dan benda pusaka di Keraton Kasepuhan dicuci, Minggu (26/10). Pencucian keris dan benda pusaka dilakukan satu tahun sekali, tepatnya pada bulan Muharam.

Lurah Keraton Kasepuhan, Mohamad Maskun mengemukakan, pencucian keris dan benda pusaka yang ada di museum benda pusaka Keraton Kasepuhan tidak dimaksudkan untuk menyembah atau mengagungkannya, namun lebih kepada perawatan atas fisik benda bernilai sejarah tersebut. Kemudian, acara tersebut sekaligus dimaksudkan untuk melestarikan budaya atau cara tradisional dalam proses perawatan itu sendiri.

Maskun menambahkan, suatu benda kuno menjadi pusaka bukan karena kekuatan supranaturalnya saja, tapi karena benda tersebut adalah peninggalan nenek moyang yang menjadi bukti sejarah, pencapaian dan kejayaan budaya bangsa kita di masa lalu dan menjadi suatu kebanggaan bangsa di masa kini. Keris dan benda pusaka sebagai bukti sejarah tersebut patut dan wajib dilestarikan agar tidak kehilangan akar sejarah dan budaya.

Sumber : radarcirebon.com

10873 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below