Oktober, 125 Desa Pilwu Serentak

Posted by: Tags:

SUMBER – Sebanyak 125 Desa pada 38 Kecamatan di Kabupaten Cirebon, akan mengikuti Pemilihan Kuwu (Pilwu) secara serentak pada bulan Oktober 2015 mendatang. Pelaksanaan Pilwu tersebut, merupakan implementasi dari Perda No. 2 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Desa dan BPD.

Bupati Cirebon, Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si., dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilwu Serentak di Asrama Haji Watubelha, hari Kamis (21/05) kemarin, menjelaskan, Pilwu serentak itu harus dipersiapkan dengan baik. Mengingat Pilwu serentak ini, baru pertama kali digelar di Kabupaten Cirebon. “Saya rasa akan banyak permasalahan yang muncul, karena penyelenggaraan Pilwu serentak ini masih baru. Maka dari itu, harus diantisipasi dengan koordinasi persiapan yang baik,” ujarnya.

Kemudian, masalah keamanan, menjadi hal yang krusial dalam pelaksanaan Pilwu serentak. Karena itulah, pihaknya meminta kepada TNI dan Polri untuk dapat melakukan deteksi dini dan memetakan daerah yang rawan konflik. Selanjutnya, untuk tahapan Pilwu serentak sudah dimulai pada bulan Juni mendatang. Sementara pemilihan dilakukan pada bulan Oktober dan pelantikan akan dilaksanakan pada bulan Desember.

Di tempat yang sama, Kapolres Cirebon, AKBP. Chiko Ardwianto, mengemukakan, saat ini pihaknya sedang memetakan daerah-daerah yang berpotensi rawan konflik. Untuk daerah rawan akan dijaga 10 hingga 15 personel Kepolisian.

Chiko menambahkan, lebih dari seribu personel Kepolisian akan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilwu serentak ini. “Kita masih terus mengkaji daerah diduga rawan konflik. Selain itu, kita juga akan koordinasikan dengan instansi terkait, baik itu Pemerintah Daerah maupun panitia dan pelaksana Pemilihan Kuwu itu,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

10671 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below