Optimis Perekonomian Daerah Terkendali

totokCIREBONIndonesia punya pemimpin baru. Pelantikan Joko Widodo dan Jusuf Kalla membawa harapan baru bagi Indonesia, tidak terkecuali dunia perekonomian dengan fluktuasi yang cukup dinamis belakangan ini baik dari kurs dolar, saham dan lainnya.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon, Totok Hermiyanto, hari Senin kemarin mengungkapkan, kondisi ekonomi di daerah tak akan jauh berbeda dengan nasional, tetap bergairah dibawah kepemimpinan baru nanti. Meski tak dipungkiri akan berpengaruh juga pada inflasi setidaknya, hingga akhir tahun nanti.

“Ya tentu saja inflasi akan ikut bergerak. Seperti nilai rupiah yang belakangan ini melemah dan kembali naik saat kedua petinggi rujuk, begitu juga pengaruhnya pada harga saham jadi sepertinya ekonomi masih aman,” ungkapnya, Senin (20/10). Prediksi ini, katanya, tentu juga akan bergantung pada pemilihan kabinet yang tepat untuk menumbuhkan harapan masyarakat khususnya lingkup internasional. Mengapa kondisi nasional dan daerah tak jauh beda salah satu sebabnya karena, yang berubah hanya menteri saja sedangkan kepala daerah masih sama.

“Untuk nilai inflasi kami optimis masih akan terkendali pada standar 4,5 persen. Inflasi per akhir September 2014 diangka 4,32 (year on year), masih di bawah standar inflasi,” kata dia. Sambungnya, namun sebenarnya ada warning yang harus diwaspadai pemerintah soal inflasi yaitu rencana kenaikan harga BBM November mendatang. Sebab mau tidak mau inflasi juga akan turut berimbas, tinggal bagaimana sikap pemerintahan nanti.

Totok Hermiyanto menambahkan, maksudnya apakah rencana ini akan masuk agenda pemerintahan baru atau tidak. Di luar itu subsidi untuk masyarakat akan tetap ada dengan konsisten mengembangkan ekonomi kreatif dan potensi daerah lainnya. Kalau melihat hitungannya kenaikan BBM Rp1.000 pengaruh pada inflasi kurang lebih 1 persen sedangkan, kenaikan Rp3.000 naiknya berkisar 2,5-3 persen.

Sumber : radarcirebon.com

7069 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below