Pencurian Photocell PJU

pju2CIREBONSejak akhir Desember 2013, pencurian Kontaktor marak terjadi di setiap sudut Kota Cirebon. Kontaktor merupakan salah satu komponen utama penerangan jalan umum (PJU). Bahkan, hingga saat ini sudah ribuan PJU padam akibat pencurian ratusan kontaktor. Akhir-akhir ini Kontaktor dalam posisi aman, namun justru Photocell selaku komponen PJU lainnya, mulai marak dicuri. Hal ini mengakibatkan PJU padam dan tidak berfungsi.

Kepala UPTD PJU Dishubinkom Kota Cirebon, Dodi Rochdiat, AMKL., belum lama ini mengungkapkan, instansinya kembali dibuat geram, pasalnya setelah Kontaktor mulai dirasakan lebih aman dari pencurian, kali ini oknum tidak bertanggungjawab menyasar Photocell. Meskipun harganya tidak mahal dan pencurian Photocell tidak semarak Kontaktor, namun dalam sebulan, tetap saja terdapat kasus satu sampai dua Photocell yang hilang. Apalagi, kehilangan Photocell juga menimbulkan dampak yang sama dengan kehilangan kontaktor, yakni PJU dipastikan padam dan harus diperbaiki.

Dodi menambahkan, pihaknya meyakini sebenarnya para pencuri sadar akan akibat yang ditimbulkan atas pencurian Photocell tersebut. Iming-iming keuntungan sesaat melalaikan mereka dan mengancam keselamatan pengendara yang melintas di jalan-jalan Kota Cirebon. Karena itulah, instansinya menjalin kerjasama lebih ketat dengan Kepolisian, pasalnya petugas PJU Dishubinkom hanya berjumlah sembilan orang dengan ribuan PJU di Kota Cirebon. Tidak hanya berharap pada Polisi, instansinya juga sangat berharap kepada peran serta masyarakat sekitar yang terpasang PJU di areal mereka agar dapat menjaga fasilitas umum itu seperti miliknya sendiri. Artinya, jika ada pihak-pihak yang mencurigakan dan berupaya mencuri Kontaktor maupun Photocell atau eleman PJU lainnya, dapat segera ditangkap dan diserahkan ke keamanan terdekat untuk diproses hukum.

Sumber : radarcirebon.com

10321 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below