Pengelolaan Aset Belum Memadai

KEJAKSAN – Pengelolaan aset Pemerintah Kota Cirebon belum memadai. Hal tersebut diketahui setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Jawa Barat menyampaikan hasil Laporan Keuangan Pemkot tahun 2014 yang diterima tertanggal 1 Juni 2015 lalu dengan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Walikota Cirebon, Drs. H. Nasrudin Azis, SH., belum lama ini mengutarakan, jika dilihat dari opini WDP, ada beberapa catatan yang harus dicermati Pemkot untuk dibenahi, yakni masalah penatausahaan dan penyajian aset tetap yang belum memadai. Meski demikian, Pemkot meyakini audit BPK RI untuk Laporan Keuangan tahun 2015 mendatang bisa lebih baik lagi, sehingga bisa memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Ke depan, kami akan menyelesaikan kegiatan inventarisasi, rekonsiliasi, penatausahaan dan penilaian aset tetap mulai dari perencanaan hingga penghapusan secara tuntas dan masalah dapat terselesaikan,” ujarnya.

Berikutnya, Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2014, sepenuhnya mengacu pada PP Nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 103. Adapun realisasi laporan APBD tahun 2014 meliputi realisasi pendapatan Rp. 1,2 triliun, surplus atau devisit Rp. 39 miliar. “Dari komposisi realisasi di atas, diperoleh Selisih Penggunaan Anggaran atau Silpa sebesar Rp. 148 miliar,” terangnya.

Kemudian, terkait dengan besarnya Silpa tersebut, disebabkan adanya Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 25 tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Keuangan kepada Kabupaten/Kota dan Desa, yang salah satunya mengatur mekanisme pencairan bantuan keuangan yang prosedurnya cukup panjang, karena harus melalui SKPD Propinsi Jawa Barat, sehingga menghambat mekanisme transfer ke kas daerah. “Permasalahan pencapaian target Pendapatan Asli Daerah karena rendahnya kesadaran dan partisipasi wajib pajak/retribusi. Kemudian kurang optimalnya kinerja dan lemahnya koordinasi antar OPD dan tanggung jawab dalam mengelola pendapatan,” tambahnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

8932 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below