Kenali Dulu Perbedaan Kecepatan Internet Mbps dengan MBps

Perbedaan Kecepatan Internet

Di iklan paket internet operator seluler, kamu pasti sering melihat mereka menyertakan kecepatan internetnya. Gak cuma cari harga paket internet yang murah, kamu juga menginginkan paket internet yang menawarkan internet stabil dan cepat, kan?

Tapi, kebanyakan dari kamu pasti sering merasa heran karena kecepatan internet yang diterima tidak sesuai iklan. Kenapa bisa begitu ya? Mungkin kamu belum paham bedanya Mbps dan MBps.

Perbedaan Satuan Kecepatan Internet

Saat melihat iklan paket internet yang menuliskan kecepatan internet up to 3,1 Mbps dibandingkan 387,5 KBps; mana yang akan kamu pilih? Padahal keduanya ternyata memiliki kecepatan internet yang sama loh! Kok bisa?

Bedanya Mbps dan KBps

Jika ternyata kecepatan internet yang kamu terima itu lebih lambat daripada yang diiklankan, gak usah langsung kecewa. Coba kamu simak tabel berikut dulu ya:

Screenshot

Jadi, meski terlihat serupa namun nilainya tak sama, antara MBps dan Mbps masing-masing sifat serta makna yang berbeda. Bisa jadi kamu selama ini salah menafsirkan iklan tersebut.

Contohnya saat kamu berlangganan memilih paket internet yang menawarkan dengan kecepatan download up to 185Mbps. Itu artinya saat download kamu akan dapat kecepatan segitu loh! Tapi:

185Mbps = 185000kbps, ini sama artinya dengan 185000/8 = 23.125 KBps atau sekitar 23MBps

Jadi, saat kamu mendownload sebuah file, kecepatan per detik dari file yang kamu download maksimalnya adalah 23MB per detik, bukan 185MB per detik.“

Kenapa operator memilih menggunakan angka 185Mbps daripada angka 23MBps? Padahal kecepatan keduanya sama. Hanya jika melihat angkanya, jelas akan membuat kamu tertarik karena terlihat lebih besar dan lebih cepat, bukan?

(sumber)

5190 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below