PKL Marak Karena Adanya Pembiaran

pkl3

pkl3SUMBERMaraknya Pedagang Kaki Lima (PKL) yang melakukan kegiatan usahanya dengan menggunakan sempadan jalan dan trotoar di Kabupaten Cirebon, diduga dikarenakan adanya pembiaran dari pihak-pihak berwenang yang melatarbelakanginya.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H. Mustofa, SH., beberapa hari yang lalu mengemukakan, secara estetika tentunya keberadaan PKL sangat mengganggu. Bila saja pemerintah sejak awal sudah tegas, tentu para PKL pun tidak akan berjualan di lokasi yang memang tidak diperbolehkan. Lantaran adanya pembiaran inilah, kemudian menjadikan para PKL menjamur dan sulit dikendalikan, apalagi ditertibkan. Belum lagi ketika PKL sudah menjamur di lapaknya masing-masing, kadang kala dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan pungutan liar.

Mustofa menambahkan, jika Pemerintah Kabupaten Cirebon akan melakukan relokasi, semestinya Pemkab jangan langsung menginstruksikan atau memerintahkan Satpol PP, pasalnya jika Satpol PP yang bergerak maka tentu arahnya adalah penertiban. Sudah seharusnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Dinas Koperasi dan UMKM bergerak melakukan pembinaan, dengan cara mengajak diskusi dengar pendapat bersama para PKL untuk bersama-sama mencari solusi yang terbaik. (c24MG)

Sumber : radarcirebon.com

4502 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below