Ribuan Kepsek Ikuti Uji Kompetensi

KEDAWUNG – Ribuan Kepala Sekolah Negeri dan Swasta mengikuti Uji Kompetensi secara online yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, hari Selasa (24/03) kemarin. Kegiatan tersebut digelar di lima tempat yakni SMAN 1 Palimanan, SMKN 1 Kedawung, SMAN 1 Sumber, SMKN 1 Mundu dan SMAN 1 Lemahabang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H. Asdullah Anwar, mengatakan, dalam uji kompetensi tersebut Kepala Sekolah dan Pengawas harus mampu menjawab 100 soal yang berkaitan tentang tugas pokok dan fungsinya. Sedikitnya lima aspek akan diuji melalui soal tersebut. “Karena terdapat lima kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah,” ujarnya.

Kelima kompetensi tersebut, meliputi soal kepribadian, sosial, manajerial, wirausaha dan supervisi. Lima aspek ini sangat mempengaruhi kinerja kepala sekolah dalam memimpin sekolah yang dimilikinya. “Nanti dari tes ini akan diketahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing kepala sekolah. Baik itu dari sekolah negeri ataupun swasta,” jelasnya.

Nantinya, hasil uji kompetensi ini akan menjadi dasar bagi Dinas Pendidikan untuk melakukan pembinaan. Jika terdapat Kepala Sekolah yang salah satu kompetensinya masih kurang, maka Dinas Pendidikan akan melakukan pembinaan dan penambahan kapasitas kepala sekolah. “Ini juga akan menjadi dasar untuk pemetaan rotasi dan mutasi,” lanjutnya.

Asdullah menambahkan, didasarkan peran dari Kepala Sekolah yang sangat penting dalam meningkatkan mutu sekolah yang baik, sangat diharapkan dari Uji Kompetensi tersebut para Kepala Sekolah dan Pengawas bisa terus terpacu untuk meningkatkan kapasitasnya. “Karena kegiatan ini digelar terus setiap tahunnya. Dan kami harapkan para Kepala Sekolah dan juga Pengawas bisa terus berupaya meningkatkan kualitas, sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Cirebon, bisa meningkat,” tuntasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

7430 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below