Sukseskan Swasembada Pangan, Pemkab Gandeng TNI

SUMBER – Pemerintah Kabupaten Cirebon telah bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), dalam hal ini Kodim 0620 Sumber dalam suksesi swasembada pangan. Dalam kesepakatan tersebut, sedikitnya terdapat 6 program utama yang akan dikerjakan bersama dengan TNI.

Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, H. Muhidin, hari Rabu (11/02) kemarin, menjelaskan, penjabaran dari 6 Program Utama yang akan dikerjakan bersama TNI, yakni untuk Program Pertama menyangkut tentang bantuan Rp. 16 miliar dari Kementerian Pertanian untuk perbaikan irigasi. Bantuan tersebut akan disalurkan dan dikelola 168 kelompok tani. Program Kedua, menyangkut tentang penyaluran pupuk, Program Ketiga mengenai benih, Program Keempat mengenai pemberantasan hama, Program Kelima tentang alat atau mesin pertanian dan Program Keenam yakni penyuluhan. Nantinya semua program tersebut akan melibatkan personel TNI dalam hal ini Badan Pembina Desa (Babinsa).

“Untuk yang bersifat bantuan, TNI akan membantu proses pengamanan dan pengawalan. Sementara di program pemberantasan hama, secara gropyokan dengan petani akan membebaskan lahan-lahan yang ada dari hama. Dan terakhir, para Babinsa yang telah dilatih itu akan membantu proses penyuluhan dan pembinaan pada petani,” bebernya.

Muhidin menambahkan, bila program ini berjalan optimal, ditargetkan produksi pangan di Kabupaten Cirebon bisa meningkat 3 persen dari pencapaian tahun ini. Termasuk juga penanaman di sawah percontohan ini. Penanaman tersebut merupakan salah satu langkah awal dari tindaklanjut nota kesepakatan yang telah ditandatangani. “Saya harap kerja sama ini bisa berlangsung dengan baik dan memberikan hasil yang postif,” tuntasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga : Kegiatan TNI Menanam Padi

7482 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below