Target Kota Sehat Wiwerda

Posted by: Tags: ,

CIREBON – Dinas Kesehatan Kota Cirebon menargetkan dapat meraih predikat Kota Sehat Wiwerda pada tahun 2015 ini. Hal tersebut dikarenakan pada tahun 2014 lalu, Kota Cirebon telah meraih predikat Kota Sehat Padapa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, H. Edi Sugiarto, M.Kes., hari Jum’at (20/04) kemarin, mengungkapkan, pihaknya optimis Pemkot bisa meraih predikat Wiwerda tersebut, pasalnya pada tahun lalu telah berhasil meraih predikat Padapa. “Dari Pemprop Jabar sendiri, sudah mendapatkan sinyal lampu hijau bahwa Kota Cirebon telah mendapatkan predikat Wiwerda, artinya penghargaan Kota Sehat sebenarnya sudah ada di tangan,” ujarnya.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, penghargaan Kota Sehat memiliki beberapa jenjang, yakni Swasti Saba Padapa, Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan Swasti Saba Wistara (Paripurna). Untuk Kota Cirebon sendiri, baru berhasil meraih penghargaan tingkat nasional yakni Piala Swasti Saba Padapa.

Kemudian, terdapat sembilan tatanan Kota/Kabupaten sehat yang menjadi titik penilaian. Yakni kawasan permukiman sarana prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat. “Dinkes sendiri bertekad meningkatkan raihan prestasi tingkat Wiwerda dengan kriteria memenuhi tiga sampai empat tatanan yang ada. Bahkan, di tahun mendatang kami meyakini Kota Cirebon akan menjadi Kota Sehat dan meraih predikat Swasti Saba Wistara dengan sembilan tatanan penilaian yang terpenuhi,” terangnya.

Edi menambahkan, pihaknya memiliki lima program utama yang akan dilaksanakan, yakni pencapaian setandar pelayanan minimal, tujuan pembangunan millennium atau Millennium Development Goals (MDGS), Kota Sehat, penertiban aset dan pelayanan kesehatan untuk Gakin.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

7874 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below