Tol Cikapali Untungkan Cirebon

Gerbang Tol Palimanan Kab. Cirebon.

PALIMANAN – Keberadaan tol Cikampek-Palimanan (Cikapali) yang rencananya hari ini Senin (15/06) ini diresmikan langsung Presiden Joko Widodo, sangat menguntungkan Kabupaten Cirebon. Keungtungan tersebut terlihat dari berbagai aspek seperti kemudahan distribusi barang dan jasa yang bisa meningkatkan perekonomian.

Bupati Cirebon, Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., Msi., beberapa waktu yang lalu mengemukakan, Pemerintah Kabupaten Cirebon berencana akan memperbaiki dan memperluas infrastruktur untuk penunjang akses menuju tol tersebut. Pasalnya, Kabupaten Cirebon memiliki banyak hasil usaha yang menjajikan seperti rotan, kerang, dan mangga gincu. Karena itu, adanya tol Cikapali berdampak positif pada distribusi barang dan jasa dari Cirebon ke Jakarta. Begitupun sebaliknya, karena bisa menyingkat waktu. “Ke depan kita akan lakukan pembangunan, sehingga memengaruhi perkembangan ekonomi khususnya di Kabupaten Cirebon,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kasie Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Cirebon, Dini Dinarsih. Menurutnya, keberadaan tol sangat penting, terutama terkait distribusi barang. Meskipun sebagian menilai, adanya tol Cikapali mematikan perekonomian masyarakat yang berjualan di sepanjang jalur Pantura Jawa Barat. “Misalnya untuk mengirimkan hasil perkebunan ke luar kota, ini kan lebih mudah. Karena jarak tempuhnya dekat, sehingga kualitas dari hasil panen, khususnya sayuran tetap terjaga,” tuturnya.

Selain itu, sektor wisata khusunya kuliner Cirebon, juga diuntungkan. Mengingat Cirebon akan menjadi akses penting bagi warga yang hendak ke Jawa Tengah. “Semua sektor akan merasakan dampak positifnya dengan adanya akses jalur tol Cikapali,” tambahnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

2487 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below