Warga Gebang Gelar Sedekah Bumi

Posted by: Tags:

gebang1CIREBON Masyarakat di Desa Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, hari Minggu (09/11) kemarin menggelar acara Sedekah Bumi sebagai perwujudan rasa syukur para petani.

Kepala Desa (Kuwu) Desa Gebang Kabupaten Cirebon, Doana, mengutarakan, titik pusat acara Sedekah Bumi dilaksanakan di halaman Kantor Kuwu, dari halaman terlihat panggung dan beberapa sajian kuliner meramaikan acara ini. Warga desanya sendiri sangat antusias dengan kegiatan tersebut, terlihat dari warga desanya yang banyak berdatangan untuk memeriahkannya.

“Acaranya cuma sehari, dari pagi sampai malam. Para petani di desanya secara swadaya membuat acara ini, pihak desa hanya memfasilitasi. Sedangkan untuk malam harinya, puncaknya akan ada pertunjukkan wayang kulit,” ujarnya.

Doana menambahkan, untuk acara siangnya sendiri, warga melakukan arak-arakan di sekitar jalan desa. Sedekah bumi yang diarak dalam bentuk sajian kuliner ini akan diperebutkan oleh warga, yang dimaksudkan sebagai perlambang rasa syukur atas limpahan panen dan adanya semangat saling berbagi.

Sumber : cirebontrust.com

9172 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below