Waspada Siklus 5 tahunan DBD

db1CIREBON – Selain banjir, musim penghujan yang mulai turun pada pekan ini dapat pula membawa persoalan lainnya yakni bermunculannya berbagai penyakit. Salah satu di antaranya adalah Demam Berdarah Dengue atau DBD yang berasal dari nyamuk yang berkembang biak. Apalagi, tahun 2014 ini merupakan fase pola 5 tahunan siklus DBD.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cirebon, dr. Lucya Agung Susilawati, MARS., hari Rabu kemarin mengemukakan, biasanya penyakit yang mendominasi pada saat musim penghujan adalah DBD dan diare. Namun demikian, solusi utama mengantisipasi penyakit tersebut adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kemudian, cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan berbagai aktifitas, merupakan cara termurah dan termudah dalam menjaga kesehatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Memet Slamet, SKM., menjelaskan, salah satu langkah antisipasi DBD yang dilaksanakan pihaknya adalah dengan mendistribusikan larvasida untuk membunuh jentik nyamuk. Berikutnya, fogging atau penyemprotan dilakukan pihaknya pada beberapa daerah yang memenuhi syarat. Selanjutnya, terkait siklus 5 tahunan DBD, biasanya tingkat penularan semakin tinggi dan jumlah kasus bertambah. Karena itulah, pihaknya telah dan akan terus melakukan fogging untuk tiap-tiap Kelurahan yang memiliki riwayat kasus DBD tinggi. Sebagai tambahan, pihaknya juga telah menghimbau kepada tiap-tiap Puskesmas di Kota Cirebon agar dapat meningkatkan penyuluhan tentang perilaku hidup sehat dan bersih kepada masyarakat di masing-masing wilayahnya.

 

sumber : Radar Cirebon

7177 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below