CCTV sebagai Bukti Otentik

Gambar dari rekaman CCTV Rutan Salemba saat seorang napi pria kabur dengan menyamar menggunakan pakaian wanita (lingkaran)

Cirebon24.com – Beberapa waktu belakangan ini, headline di beragam media massa sedang diramaikan dengan berita-berita terkait kemacetan arus mudik dan balik Lebaran, kaburnya seorang napi dari Rutan Salemba, sidang kasus pembunuhan dengan cara diracun sianida dan lain sebagainya.

Dari banyak headline tersebut, secara langsung maupun tidak, ada keterkaitan dari tiap-tiap kasus tersebut dengan keberadaan kamera CCTV. Tentu saja merupakan hal yang tidak terbantahkan, jika menilik pada perjalanan berita-berita dari beragam kasus tersebut, CCTV menjadi sebuah bukti otentik yang mampu memberikan deskripsi akurat dari masing-masing kasus.

Kemacetan level horor saat arus mudik Lebaran di sepanjang jalan keluar pintu tol Brexit (Brebes Timur Exit) yang terpantau dari kamera CCTV, atau rekaman CCTV Rutan Salemba pada detik-detik kaburnya seorang napi yang dibantu istrinya, maupun rekaman CCTV sebuah kafe tempat terjadinya kasus pembunuhan dengan cara memberikan racun jenis sianida pada gelas minuman korbannya, merupakan bukti otentik bagi pihak-pihak yang berkompeten terhadap masalah-masalah tersebut.

Karena itulah, kamera CCTV sekarang ini cukup mampu menunjang ketersediaan rekaman-rekaman beragam aktifitas sehari-hari, baik untuk lingkungan kerja, lingkungan usaha, lingkungan pemerintahan, lingkungan umum maupun lingkungan pribadi. Dengan kata lain, selain sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan, rekaman dari kamera CCTV juga dapat menjadi sebuah bukti otentik dalam penyelidikan dan pengungkapan sebuah kasus.

Penyesalan selalu datang kemudian. Terkadang, masih terdapat sebagian masyarakat maupun lembaga pemerintah dan swasta, belum menjadikan ketersediaan kamera CCTV sebagai sebuah kebutuhan penting, sehingga jika pada suatu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seringkali ketiadaan saksi menjadi sebuah persoalan yang makin memperumit masalah yang ada. Padahal, saat ini sudah banyak toko-toko penyedia kamera CCTV menjual dengan sistem paket bersamaan dengan perekamnya (DVR) serta aksesoris-aksesoris lainnya, yang ketika dilihat dari sisi biaya pengadaannya cukup terjangkau, malah lebih murah dari sebuah smartphone kelas premium ternama. (c24mh)

 

Rekomendasi Produk CCTV

CCTV Indoor CAL-1310AHD
CCTV Outdoor AHD-1345HR-P6W-2M

 

3947 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below