CCTV untuk Parkir Sekolah

Suasana lalulintas  yang semrawut akibat dari parkir di badan jalan pada beberapa sekolah di sepanjang Jalan Cipto - Kota Cirebon.

Cirebon24.com – Hari ini adalah hari pertama masuk sekolah. Ya, betul. Keceriaan siswa-siswi baru yang datang membawa segunung harapan terbaik untuk sekolah barunya. Pun para orang tua. Bersemangat mengantar putra-putrinya bersekolah.

Riuh ramai suasana di hampir seluruh sekolah di hari Senin ini, 18 Juli 2016. Apalagi momentum hari pertama sekolah ini baru melewati Hari Raya Idul Fitri pada 6 Juli 2016 lalu. Jadilah kesempatan di hari ini merupakan ajang yang tepat melaksanakan silaturahmi halal bil halal dan perkenalan.

Nah, secara khusus hal yang perlu disadari sampai dengan tulisan ini diturunkan, adalah fenomena orang tua yang mengantarkan putra-putrinya bersekolah di kota-kota besar. Kenapa demikian? Pasalnya banyak di antara mereka mengantarkan putra-putrinya dengan menggunakan kendaraan bermotor, dari yang beroda 2 hingga 4, yang pada akhirnya menyebabkan meningkatnya keramaian lalu lintas pada beberapa ruas jalan, termasuk jalan-jalan dari dan menuju ke lingkungan sekolah setempat.

Update terakhir hingga tulisan dibuat, pada salah satu media online nasional terkemuka, dari pantauan kamera CCTV pengelola jalan tol Cikampek – Jakarta pun mengalami peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan hingga mengakibatkan kemacetan meskipun tidak parah, dimulai dari Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama yang menuju Jakarta. Apalagi, kemacetan tersebut juga dibarengi hari Senin yang merupakan hari pertama kerja dan masih adanya lonjakan arus balik Lebaran menuju Jakarta sejak hari Minggu, 17 Juli 2016 kemarin.

Kembali ke tajuk semula, bahwasanya sekolah-sekolah negeri maupun swasta yang dianggap sebagai favorit siswa, biasanya mendapatkan predikat favorit tersebut dikarenakan banyak hal. Selain yang utama karena mutu dan kualitas dari siswa-siswi lulusannya, termasuk pula standar sarana dan prasarana sekolah yang disediakan juga cukup baik. Misalnya saja untuk menunjang keamanan sekolah, telah disediakan kamera CCTV pada beberapa titik strategis di lingkungan sekolah.

Area parkir, misalnya. Merupakan salah satu titik penting yang biasanya terpantau keamanannya, baik dengan adanya petugas keamanan yang menjaganya, maupun adanya kamera CCTV untuk memantaunya. Selain itu, ketersediaan lahan parkir yang cukup luas dan penataan kendaraan yang terparkir, juga bisa menjadi penunjang ketertiban berlalu lintas di sekitar lingkungan sekolah.

Masalahnya, pada beberapa lokasi sekolah dengan label favorit yang mengemuka di hari ini khususnya di Kota Cirebon, penataan parkir kendaraan roda 4 dari para orang tua yang mengantarkan putra-putrinya masuk sekolah di hari pertama ini, tampak masih semrawut. Banyak kendaraan pengantar yang parkir sembarangan hingga memakan badan jalan, juga parkir tepat di bawah rambu dilarang parkir, kesemuanya tentu sangat mengganggu arus lalu lintas dan pengguna jalan lainnya.

Karena itulah, meski hanya satu hari banyak orangtua ‘diizinkan’ mengantar putra-putrinya bersekolah di hari pertama oleh masing-masing institusinya, cobalah untuk para orang tua mengingat bahwa perilaku berkendara termasuk memarkirkan kendaraannya bisa menjadi contoh yang nyata yang dapat ditiru oleh putra-putrinya kelak di kemudian hari. (c24mh)

 

Rekomendasi Produk CCTV :

CCTV Outdoor AHD701AX4.2

CCTV Ourdoor CAL-3241EA

3682 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below