Kelenteng Talang, Saksi Bisu Persahabatan Konghucu dan Islam di Cirebon

kelenteng-talang-696x435

Sebagai kota pelabuhan dagang yang banyak disinggahi pedagang asing, Kota Cirebon tidak akan lepas dari kedatangan masyarakat luar termasuk masyarakat Tionghoa. Di Cirebon Tionghoa tampak sudah sejak lama datang dan bermukim. Sebagai masyarakat yang mempunyai kekhasan dalam sistem religi, mereka memerlukan tempat peribadatan sesuai dengan agama yang mereka anut.

Di Cirebon terdapat beberapa kelenteng sebagai tempat peribadatan masyarakat Tionghoa penganut Buddhis, di antaranya adalah Kelenteng Talang. Kelenteng ini berada di Jl. Talang No. 2 yang secara administratif berada di wilayah Kampung Keprabon RT 03 RW 02, Kelurahan Lemah Wungkuk, Kecamatan Lemah Wungkuk.

Kelenteng Talang mungkin contoh persahabatan sejati antara Konghucu dan Islam. Bangunan itu berdiri sejak zaman Laksamana Cheng Ho, yang berkeliling Pulau Jawa pada abad ke-15. Kelenteng Talang ini awalnya merupakan tempat persinggahan atau kantor perwakilan perdagangan Cina pada masa Cheng Ho. Tak sedikit orang menganggap, dulunya, Kelenteng Talang ini bangunan masjid.

kelenteng-talang-3-horz

Kelenteng Talang ini satu-satunya yang berbeda dengan kelenteng lain di Cirebon. Tak ada ornamen naga di atas atap dan menghadap ke laut, tapi orang bisa melihat gong keemasan atau genta di ruang utama. Pengunjung pun bisa membaca berbagai kata-kata bijak yang tertera di luar dan di dalam Kelenteng Talang ini.

Ada sebuah tulisan pada papan yang menempel pada dinding Kelenteng Talang yang berbunyi “Di dunia ini ada dua hal yang susah, memanjat langit itu susah, meminta bantuan orang lain lebih susah. Dalam kehidupan manusia ada dua hal yang pahit, buah Huang-lian itu pahit, hidup orang miskin lebih pahit. Di dunia ini ada dua hal yang rawan, dunia Kang-ouw itu rawan, hati manusia lebih rawan. Dalam kehidupan manusia ada dua hal yang tipis, kertas itu tipis, nurani manusia lebih tipis.”

Demikian ulasan tentang Kelenteng Talang sebagai salah satu objek wisata di wilayah cirebon. Apabila anda sedang mencari tempat wisata untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Kuningan atau Indramayu, di Cirebon.biz  tersedia berbagai info Tempat Wisata, baik Wisata Keluarga, Wisata Alam maupun Wisata Budaya dan Religi. Dengan Dilengkapi peta online dan video deskripsi mengenai objek wisata yang akan anda tuju tersebut.

2055 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below