Keraton Kacirebonan, Keraton Termuda yang Memikat di Cirebon

keraton-kacirebonan

Keraton Kacirebonan dibangun tahun 1800, Keraton Kacirebonan merupakan salah satu dari 4 keraton yang ada di Cirebon dan merupakan keraton yang termuda. Lokasi KeratonKacirebonan berada di Jl. Pulasaren, Kelurahan Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, dengan halaman depan yang cukup luas.

Menempati lahan seluas 2,5 hektar, Keraton Kacirebonan memiliki Paseban Kulon di sebelah kiri dan Paseban Wetan di bagian kanan keraton. Keduanya berfungsi sebagai tempat penerima tamu dan latihan tari, yakni tari topeng khas Cirebon.

Di Keraton Kacirebonan juga terdapat tradisi tahunan seperti Suraan, Syafaran, Muludan, Rajaban, Rowahan, Tarawehan, Likuran, Tadarusan di bulan Ramadhan, Grebeg Syawal (Idul Fitri) dan Raya Agungan (Idul Adha). Puncaknya adalah “Panjang Jimat” yang dilakukan setiap 12 Rabiul awwal bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi.

Arsitektur Keraton Kacirebonan

Memasuki bangunan utama, Keraton Kacirebonan memiliki warna dengan unsur hijau yang mendominasi 8 tiang sebagai pilar utama menopang bangunan yang terlihat sangat terawat ini.

Bagian serambi keraton atau disebut dengan Ruang Jinem Prabayaksa merupakan tempat dimana sultan bertemu dengan tamu sekaligus tempat diadakannya acara ritual keraton.

Keraton Kacirebonan menyimpan berbagai benda-benda koleksi kuno yang sarat dengan sejarah. Pedang, tombak, sampai alat pembuat jamu atau param yang masih berbentuk batu tersimpan apik di salah satu ruangan di keraton.

Ruangan-ruangan bagian Keraton Kacirebonan menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan keraton serta agama Islam. Kitab dari zaman para wali hingga gamelan menjadi salah satu koleksi kuno yang dapat disaksikan saat berkunjung ke Keraton Kacirebonanyang sangat memikat mata ini.

Demikian ulasan tentang Keraton Kacirebonan sebagai salah satu objek wisata di wilayah Cirebon. Apabila anda sedang mencari tempat wisata untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Kuningan atau Indramayu, di Cirebon.biz  tersedia berbagai info Tempat Wisata, baik Wisata Keluarga, Wisata Alam maupun Wisata Budaya dan Religi. Dengan Dilengkapi peta online dan video deskripsi mengenai objek wisata yang akan anda tuju tersebut. Selamat berwisata…

1691 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below