Makam Wiracula, Menengok Bong Cina di Cirebon

makam wiracula

Di belakang Pasar Pagi kota Cirebon, samping sungai Sukalila, ada sebuah kompleks pemakaman orang China. Orang setempat menyebutnya sebagai ‘Bong Cina’ saja. Namun kata beberapa aparat keraton Kanoman, itu adalah makam Aria Wira Cula atau Makam Wiracula beserta keluarga dan para pengawalnya.

Siapakah Aria WiraCula? Aria Wira Cula adalah seorang saudagar berkebangsaan China yang bernama Tan Gun We untuk berniaga ke beberapa Negara Asia dan kebetulan masuk ke wilayah Nusantara. Di pulau Jawa, Tan Gun We beserta teman bisnisnya sesama China mendarat di pelabuhan Cirebon pada Tahun 1676. Ketiga orang ini malah tertarik kepada agama Islam yang saat itu sedang berkembang pesat di Cirebon. Maka mereka masuk Islam dengan kehendak sendiri.

Jika Tan Gun We memilih untuk menetap di Cirebon dan mengabdi kepada Keraton Kesepuhan, lain halnya dengan kedua rekannya. Mereka berdua memilih untuk kembali melanjutkan perjalanan dan konon dikemudian hari menetap di Semarang sampai akhir hayatnya.

Tan Gun We merupakan orang yang berjasa bagi pembangunan sosial ekonomi di Cirebon, untuk keraton kesepuhan pada khususnya, sehingga dengan demikian Sultan berkenan memberikan gelar Tumenggung aria Wira Cula.
makam wiracula
Yang unik dari makam ini adalah bahwa bukan saja orang yang beragama Islam yang berkunjung ke sini, tapi banyak juga orang-orang keturunan Tionghoa yang beragama Kong Hu Chu pun berziarah ke tempat ini, hanya tentu saja pada waktu yang berbeda.

Orang Islam biasanya berziarah pada perayaan Maulid Nabi ketika dimana puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu orang tumplek blek ke dalam keraton Kesepuhan dan Kanoman Cirebon dalam perayaan Maulid Nabi. Dan orang keturunan Tionghoa biasanya datang ke sini ketika perayaan Imlek tiba.

Demikian ulasan tentang Makam Wiracula sebagai salah satu objek wisata di wilayah cirebon. Apabila anda sedang mencari tempat wisata untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Kuningan atau Indramayu, di Cirebon.biz  tersedia berbagai info Tempat Wisata, baik Wisata Keluarga, Wisata Alam maupun Wisata Budaya dan Religi. Dengan Dilengkapi peta online dan video deskripsi mengenai objek wisata yang akan anda tuju tersebut.

4348 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below