Curug Andalan Tempat Wisata di Majalengka

oleh-oleh cirebon mami khas cirebon - Curug Berod - Small

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon - Majalengka nama itu sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia jika mendengarnya. Kabupaten Majalengka merupakan salah satu dari beberapa kabupaten yang ada di di Jawa Barat. Bagian utara wilayah kabupaten ini merupakan daerah dataran rendah, sedang untuk di bagian selatan berupa pegunungan dan ada Gunung Ciremai  yang tingginya sekitar 3.076 m berada di bagian timur di perbatasan dengan Kabupaten Kuningan. Gunung ini adalah gunung tertinggi di Jawa Barat, dan merupakan letak wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai.

1. Curug Cipeureus

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Curug Cipeureus, yang berlokasi di Sukamenak  Bantarujeg – Majalengka masih terlihat asri dan menawan. Curug Cipeureus sama dengan Curug Awul, masih belum dikelola sebagai asset wisata bagi penduduk setempat. Terletak di Desa Sukamenak, Kecamatan Bantarujeg, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 12 meter ini letaknya agak sulit dijangkau kendaraan roda empat atau roda dua. Untuk sampai dilokasi anda harus berjalan kaki dari balai desa setempat kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Namun sayang, karena lokasi curug yang berada diatas hamparan sungai sehingga saat musim hujan tidak bisa dinikmati pengunjung. Hanya musim kemarau anda bisa menikmati indahnya pemandangan air dari bawah sungai. Untuk Anda yang sedang berkunjung ke Majalengka jangan lupa mampir ya!!

2. Curug Campaga

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Curug Campaga Terletak di Desa Campaga Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Terletak +- 29 KM dari Majalengka Kota, ibukota Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Jalur menuju curug ini sama dengan jalur menuju kota kecamatan Talaga. Setelah sampai di Talaga kemudian belok menuju jalan mengarah ke Bantarujeg. Ikuti jalur tersebut lalu berbelok di kiri di perempatan kedua setelah mengarah ke jalan Bantarujeg. Setelah belok kiri itu kira-kira 50 M, belok ke arah kanan lalu ikuti saja jalur tersebut sampai jalan tersebut buntu.

3. Curug Situhiang
Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Destinasi curug yang juga masih belum tersentuh bahkan jarang sekali pengunjung kelokasi ini, hanya sejumlah komunitas pecinta alam saja yang hilir mudik di curug ini. Untuk bisa menikmati pesonanya, memang terbilang sulit karena harus menggunakan roda doa atau empat jenis offroad. Jika terpaksa menggunakan roda dua biasa juga harus hati-hati, karena untuk sampai dilokasi jalanan menanjak dan menurun bahkan dikanan kiri terdapat jurang.
Namun  eksotika keindahan curug yang berada di Blok Siriwati Desa Anggrawati, Kecamatan Maja ini tak kalah dengan pesona air terjun lainnya.
4. Curug Tonjong

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Wisata Curug Tonjong yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai menawarkan suasana alam yang masih alami. Dimana adanya pegunungan yang indah ditambah lagi dengan didirikannya jembatan bambu yang sengaja dibuat untuk memudahkan pengunjung agar lebih leluasa dalam menikmati pemandangan yang ada di sekitar curug ini.

Objek wisata Curug Tonjong menawarkan keindahan alam yang asri dan alami berupa aliran sungai dengan air terjun yang cukup deras walaupun tidak terlalu tinggi, ditambah dengan bebatuan besar yang terdapat disepanjang aliran sungai.

 

Informasi Toko Oleh-oleh Khas Cirebon Lengkap dan Murah

5. Curug Kapak Kuda

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Kini muncul lagi sebuah air terjun yang tak kalah indahnya, di blok Simpur Dusun Tapak Kuda Desa Sadawangi. Warga sekitar menyebutnya dengan nama curug (air terjun-red.) Tapak Kuda, yang diambil asal nama daerahnya. Curug ini cukup terjal dan lebih tinggi daripada curug Muara Jaya. Dan terlihat ada empat tingkatan curug sehingga terlihat lebar dan panjang.

 

 

6. Curug Sawer

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Air tejun atau Curug Sawer Majalengka ini terletak dikampung Apuy, tepatnya berada di desa Argomukti yang termasuk dalam wilayah kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka di Provinsi Jawa Barat.

Curug yang masuk kedalam wilayah Majalengka Jawa Barat ini adalah salah satu objek wisata yang masih belum dikelola dan hanya segelintir orang saja yang mengetahui tempat ini. Mengingat tempat lokasi yang masih harus ditempuh dengan berjalan kaki tentunya akan sangat mengasyikkan utamanya bagi anda yang memiliki jiwa petualang.

Curug yang masih asri dan belum terjamah pembangunan ini menjanjikan keindahan pemandangan alam yang tentunya tidak akan kalah menarik dengan objek wisata lain. Hal ini dikarenakan curug ini memiliki ciri khas yakni masih sangat alami sehingga jika anda berada dalam kawasan Curug Sawer anda akan merasakan suasana alam yang sesunggahnya.

 

 

7. Curug Muara Jaya

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Curug Muara Jaya Berjarak kurang lebih 83 km sisi barat daya Kota Cirebon atau lebih dari 23 km km arah tenggara ibu kota Kabupaten Majalengka serta bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat hingga dekat lokasi.

Curug Muara Jaya Majalengka biasa juga dikenal sebagai Curug Apuy berada pada aliran Sungai Muara Jaya tepat di lereng Gunung Ciremai. Curug muara jaya adalah jenis air terjun yang bertingkat atau cascade dengan tinggi terjunan air keseluruhan mencapai sekitar 73 meter.

Terdapat 2 tingkat air terjun di sana, tingkat yang pertama merupakan air terjun utama yang jatuh air tersebut dari ketinggian mencapai sekitar 60 meter di dinding tebing berbatu, sementara tingkat yang ke dua merupakan air terjun yang lebih pendek jaraknya hanya setinggi sekitar 13 meteran.

 

oleh-oleh khas cirebon mami khas cirebon - Curug Berod - Small

8. Curug Ibun 

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Lokasi yang sejatinya adalah satu kawasan gua, sungai, dan air terjun bernama Curug Ibun itu belum banyak disentuh pemerintah daerah. Untuk menuju tempat itu, diperlukan waktu sekitar 1 jam dari ibu kota Kabupaten Majalengka melalui Kecamatan Maja. Jalan masuk ke Argapura itu berada sekitar 200 meter dari Pasar Maja. Tidak ada penunjuk jalan yang mengarahkan pengunjung.

Jarak dari jalan besar menuju lokasi wisata itu sekitar 7 kilometer. Di sepanjang jalan, tampak kebun warga ditanami berbagai sayuran, seperti daun bawang, cabai rawit, cabai merah, dan jagung. Argapura adalah salah satu sentra sayuran di Majalengka.

 

oleh-oleh khas cirebon mami khas cirebon - Curug Berod - Small

9. Curug Cicangkrung

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Untuk melihat dan merasakan sejuknya Curug Cicangkrung ini kita harus melalui Bumi Perkemahan Berod yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Ciremei. Taman Nasional Gunung Ciremai ini berada di Kecamatan Argamukti, Majalengka.

Dari Bumi perkemahan Berod kita hanya perlu berjalan kaki secara santai kurang lebih sekitar 20-30 menit. Tentunya sebelum pergi kita harus bertanya terlebih dulu arahnya kepada pemandu agar tidak tersesat.

Jika Anda ingin merasakan sesuatu yang berbeda, coba saja minum langsung dari air yang mengalir dari Curug Cicangkrung dan rasakan sensasi dinginnya. Tenang saja airnya aman untuk diminum, nyaris sangat jernih.

 

oleh-oleh khas cirebon mami khas cirebon - Curug Berod - Small

10. Curug Berod

Oleh-oleh Khas Cirebon & Wisata Cirebon – Curug Berod – Pos I Gunung Ciremai ini sungguh indah untuk anda yang sengaja berkunjung ke kaki gunung terbesar di jawa barat yaitu gunung Ciremai, Curug Berod berada di kaki gunung ciremai dekat pos 1 gunung ciremai, indah dan masih asri dan banyak pengunjung yang berdatangan di hari libur.

Berwisata ke Cirebon tidak lengkap rasanya kalau tidak membawa serta oleh oleh, khususnya Cirebon. Tidak perlu bingung harus cari dimana, Anda bisa mampir ke Toko Oleh-oleh Khas Cirebon MAMI di Jalan Siliwangi no. 126 Cirebon atau dengan mengunjungi websitenya di http://oleholehmami.com. Tersedia produk-produk olahan khas Cirebon dan sekitarnya. Tidak perlu khawatir mengenai parkir, Toko Oleh-oleh Khas Cirebon MAMI menyediakan tempat parkir yang cukup luas dan terdapat pula rest area.

(Sumber)

1035 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below