Situs Syekh Magelung Sakti, Daya Tarik Lain Kota Cirebon

Situs Syekh Magelung Sakti

Cirebon banyak menyimpan nilai sejarah dan budaya, salah satunya adalah Situs Syekh Magelung Sakti yang menjadi salah satu daya tarik kota Cirebon dan banyak dikunjungi wisatawan.

Syekh Magelung Sakti pada awalnya bernama Syarif Syam karena berasal dari negeri Syam. Beliau memiliki rambut yang panjang menyentuh tanah dan tidak bisa dipotong. Konon, ia berkeliling untuk mencari orang yang bisa memotong rambutnya untuk dijadikan sebagai guru.

Sesampainya di tanah Cirebon, Sunan Gunung Jati ternyata bisa memotong rambutnya dengan mudah dan akhirnya Syarif Syam berguru padanya dengan suka hati (itulah sebabnya namanya berganti jadi Pangeran Soka). Syekh Magelung Sakti konon bisa mengalahkan Ki Gede Tarsana yang sangat sakti dan juga mendapatnya Nyi Mas Gandasari sebagai istrinya, yang dikenal sebagai perempuan yang sangat cantik dan sakti.

Setelah keduanya dinikahkan oleh Sunan Gunung Jati, kemudian Pangeran mendirikan pesantren/Peguron Agama Islam di sebuah Pendukuhan yang sekarang di kenal dengan Desa Karang Kendal. Syekh Magelung Sakti menyebarkan Islam di tanah Jawa sampai akhir hayatnya dimakamkan di Karangkendal sehingga bergelar Pangeran Karangkendal.

Situs Syekh Magelung SaktiDi Situs Syekh Magelung Sakti ini, anda bisa mendapati sumur peninggalan tokoh tersebut, pendopo, pedaleman yang berisi pesekaran, paseban, dan banyak hal lainnya. Anda tidak akan dipungut tiket masuk, hanya sumbangan seikhlasnya.

Demikian ulasan tentang Situs Syekh Magelung Sakti sebagai salah satu objek wisata di wilayah cirebon. Apabila anda sedang mencari tempat wisata untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Kuningan atau Indramayu, di Cirebon.biz  tersedia berbagai info Tempat Wisata, baik Wisata Keluarga, Wisata Alam maupun Wisata Budaya dan Religi. Dengan Dilengkapi peta online dan video deskripsi mengenai objek wisata yang akan anda tuju tersebut.

4104 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below