Taman Sari Gua Sunyaragi dan Sisi Kesunyianya

gua-sunyaragi-Cirebon

Menyambangi sebuah hamparan bangunan penuh kesunyian itu menyenangkan. Tidak saja membuat keadaan yang panas, menjadi dingin dan sejuk tapi dapat meredam emosi dan menawarkan keadaan, sehingga tercipta suatu sinergi. Makna dari Taman Sari Gua Sunyaragi selaras dengan bentuk bangunan yang sunyi dan menyepi. Sunya bermakna sepi dan Ragi adalah sebuah raga.  Dua buah kata yang berasal dari bahasa sansekerta. Konon, tujuan dari pembuatan Taman Sari Gua Sunyaragi diperuntukan Sultan Cirebon untuk beristirahat dan bersemedi.

Taman Sari Gua Sunyaragi ini berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon. Jika dilihat secara peta, lokasinya masih berada di pusat Kota Cirebon. Karena lokasinya di pusat kota, aksesnya cukup mudah dan tak perlu bersusah payah. Dari Stasiun Kereta Api Prujakan dan Kejaksan dapat ditempuh dengan waktu 20 menit dengan menggunakan becak. Sedangkan dari Terminal Bus Cirebon dapat ditempuh dengan waktu 10 menit.

Arsitektur Bangunan Gua Sunyaragi

Luas kompleks Taman Sari Gua Sunyaragi mencapai 15 hektare. Kompleks terdiri dari gua-gua dan pesanggrahan. Dari beberapa gua yang ada, gua peteng merupakan gua utama yang memiliki fungsi sebagai ruang semedi Sultan. Apabila menyusuri beberapa gua, nuansa sunyi dan mistis begitu terasa. Apalagi, disekitar gua terdapat taman air yang menghubungkan beberapa gua disekitarnya. Disekitar gua, terdapat beberapa bukit, jalanan dan danau sebagai pintu utama yang terlihat dari jalan bridgen Dharsono.

Desain Taman Sari Gua Sunyaragi memadukan beberapa unsur campuran dari berbagai aliran arsitek bangunan. Beberapa referensi menyebutkan bahwa Taman Sari Gua Sunyaragi memiliki perpaduan gaya Eropa, Tiongkok, Arab dan Jawa. Sangat wajar apabila ukiran khas Jawa berakulturasi dengan gaya Tiongkok maupun Arab dan Eropa. Taman air yang mengalir disela-sela gua merupakan inspirasi nyata dari teknologi Eropa yang terkenal dengan teknologi bendungannya.

Nuansa damai sangat terasa, ketika menyusuri bangunan-bangunan di komplek Taman Sari Gua Sunyaragi yang dapat menjadi penawar rasa galau dengan bermeditasi dan menikmati indahnya siluet Gunung Cermai yang bisa dipandang dengan mata telanjang. Tak hayal sesuai namanya, tempat ini pun sering berfungsi sebagai tempat tetirah dan meditasi Sultan Cirebon dan kerabatnya dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2359 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below