Wisata Situ Patok, Danau “Toba”-nya Cirebon

wisata-situ-patok-cirebon

Obyek Wisata Situ Patok merupakan salah satu obyek wisata berbentuk danau di kabupaten Cirebon. Letaknya di desa Mundu, Cirebon Timur, kira-kira 10 Km jauhnya dari kota Brebes. Jika pengunjung datang dari kota Cirebon, maka tempat ini dapat ditempuh dengan jarak lebih kurang 6 km arah Tegal.

Luas Situ Patok sekitar 175 Ha dengan status tanah milik negara, objek wisata ini selain memiliki panorama alam yang indah juga terdapat sarana rekreasi air serta pemancingan.

Prasarana yang ada di Obyek Wisata Situ Patok adalah ada sebuah dermaga lengkap dengan perahu motor, serta sarana pemancingan, dan beberapa rumah makan yang artistik. Jalan menuju arah lokasi ini cukup baik dan lebar, aliran listrik sudah tersedia dan saat ini minat pengunjung untuk berkunjung ke wisata ini cukup banyak.

Wisata Situ Patok Mirip “Danau Toba”

Kenapa bisa disebut “Danau Toba”-nya cirebon karena ada sebuah pulau yang ada ditengah danau situ patok ini. dan jika ingin berkeliling ke tengah Setu Patok, maka disana telah tersedia Perahu yang berkapasitas lumayan banyak, lebih dari 8 penumpang sekali angkut. Dengan menaiki perahu tersebut, maka kita bisa mengunjungi daratan yang berada ditengah danau ini.

Di sekitar Situ Patok terdapat sebuah pulau kecil yang sering disebut Situ Gunung, konon Situ Gunung berbentuk sebuah bukit kecil dan terdapat makam disana. Beberapa sumber menyebutkan, keindahan Situ Patok dapat terlihat jelas jika pengunjung melihatnya dari puncak gunung Situ di Pulau Situ Gunung.

patoksituTentunya obyek wisata ini tak hanya mengandalkan keindahan panorama danau, karena terdapat juga wahana bermain, kolam renang dan perahu serta sepeda air. Umumnya wisatawan yang berkunjung ke tempat ini datang untuk memancing, piknik bersama keluarga, dan menikmati sarana rekreasi air. Apabila pengunjung datang disaat pagi/siang, maka danau ini menawarkan pemandangan indah pegunungan yang diliputi awan-awan.

Sedangkan jika berkunjung pada malam hari, pengunjung akan disuguhi indahnya kerlap-kerlip lampu dari arah laut yang bersebrangan dengan gunung. Tapi sebelumnya, pastikan anda yang ingin berkunjung ke Obyek Wisata Situ Patok membawa kendaraan pribadi, sebab belum ada kendaraan umum yang dapat mengangkut.

3555 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below