Infografis Batik Indonesia

oleh-oleh cirebon Mami khas cirebon - infografis batik indonesia

Batik Indonesia - Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait.

Oleh-oleh Cirebon - Infografis Batik Indonesia

TEKNIK PEMBUATAN BATIK

Ada 3 macam teknik pembuatan batik, yaitu: Batik Tulis, Batik Cap & Batik Printing. Pembuatan batik tulis dilakukan dengan menuliskan cairan malam (wax) pada permukaan kain dengan canting. Proses batik tulis merupakan proses paling rumit, halus, dan paling lama pengerjaannya. Batik Cap proses produksinya menggunakan canting cap yang berbentuk seperti stempel bahannya terbuat dari tembaga. Sedangkan Batik Printing prosesnya sama dengan pembuatan kain tekstil pada umumnya.

Oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

MACAM-MACAM BATIK INDONESIA

Oleh-oleh Cirebon - Infografis Batik Indonesia

Motif Batik Sekar Jagad

Motif batik Sekar Jagad mengandung makna kecantikan dan keindahan. Ada pula yang beranggapan bahwa motif Sekar Jagad sebenarnya berasal dari kata “kar jagad” yang diambil dari bahasa Jawa (Kar=peta; Jagad=dunia), sehingga motif ini juga melambangkan keragaman di seluruh dunia.

Motif Batik Sidomukti Magetan

Motif batik Sidomukti Magetan atau yang lebih terkenal dengan nama batik Pring Sedapur. Batik ini diproduksi di kampung batik Sidomukti. Corak dan warna yang dimiliki pada motif batik ini perpaduan flora & fauna Indonesia. Pemilihan pring atau bambu sebagai ikon motof batik Sidomukti Magetan ini memiliki filosofi tersendiri sebagai kearifan lokal.

Motif Batik Kraton

Motifnya mengandung makna filosofi hidup. Batik-batik ini dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton.

Motif Batik Jepara

Batik Jepara adalah batik yang menggunakan motif sesuai Seni Ukir. Batik Jepara mengunakan motif batik Jepara dengan ukiran kayu Jepara, seperti motif Parang Poro, Motif Lung-Lungan dsb.

Motif Batik Solo

Kota Solo merupakan daerah yang dikenal dengan kerajinannya, salah satunya adalah batik. Batik Solo setidaknya memiliki motif yang paling populer, yaitumotif sido asih, motif ratu ratih, motif parang kusuma, motif bokor kencana. Daerah sentral batik diKota Solo berada di kampung Laweyan

Oleh-oleh Cirebon - Infografis Batik Indonesia

Motif Batik Kawung

Motif batik Kawung diyakini sebagai salah satu desain batik tertua di Indonesia. Desain terdiri dari lingkaran yang saling berinterseksi. Kata kawung sendiri bisa dihubungkan kata kwangwung, yakni sejenis serangga yang berwarna coklat mengkilap dan indah. Kata kawung bisa juga bermakna sebagai sejenis pohon palem, aren atau buah dari pohon aren.

Motif Batik Tasik

Batik memang bukan hanya ada di daerah Jawa saja, berbagai macam motif batik kini juga berkembang di Tanah Sunda. Kekhasan Batik Tasik adalah warna-warnanya yang cerah dengan gambar flora fauna yang ada disekitar Tasikmalaya seperti burung, bunga, dan lain-lain.

Motif Batik Malang

Motif batik Khas Malang menampilkan ciri khas tersendiri salah satu yang paling terkenal adalah motif teratai, melambangkan keindahan alam serta kesuburan. Motif motif lainnya yang populer diantaranya sulur-sulur, mahkota, rumbai singa (sesuai karakter singa, simbol kebanggaan kota malang).

Motif Batik Pekalongan

Motif batik Pekalongan ini tipikal batik dari daerah pesisir yang kaya akan warna. Bahkan tidak sedikit kita jumpai pada sehelai kain batik Pekalongan dijumpai hingga 8 warna yang berani, dan kombinasi yang dinamis. Sehingga batik pesisir terkenal dengan ragam hiasnya yang bersifat natural.

Motif Batik Mega Mendung

Motif yang berasal dari kota Cirebon ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu dengan pola-pola berbentuk awan dengan diberi warna yang gelap seperti biru tua, merah tua, hijau tua dan sebagainya. Nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalam motifnya. Warna biru juga disebut-sebut melambangkan warna langit yang luas, bersahabat dan tenang serta melambangkan pembawa hujan yang dinanti-nantikan sebagai pembawa kesuburan dan pemberi kehidupan.

Demikian Infografis Batik Indonesia. Jika Anda sedang berkunjung ke Cirebon sempatkanlah untuk berbelanja oleh-oleh khas Cirebon Batik Mega Mendung Asli Cirebon. Dan untuk oleh-olehnya Anda bisa mengunjungi Toko Oleh-oleh Cirebon Mami Khas Cirebon di jalan Siliwangi No.126 Cirebon. Toko Oleh-oleh Cirebon Mami menyediakan produk khas Cirebon dan Olahan khas Cirebon sekitarnya.Tidak perlu khawatir mengenai parkir, Toko Oleh-oleh Cirebon MAMI menyediakan tempat parkir yang cukup luas dan terdapat pula rest area.

Atau jika anda tidak sempat ke Toko Oleh-oleh Cirebon Mami Anda bisa mengunjungi website Toko Online kami di http://oleholehmami.com. Selain itu kami juga Toko oleh-oleh cirebon Mami tersedia di Tokopedia dan Bukalapak.

(Sumber: Oleh-oleh Mami)

1754 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below