Aksi Bersih Sungai Sukalila

sukalila

KEJAKSAN – Memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggala 22 Maret 2015 dan Hari Laut Sedunia pada tanggal 8 Juni 2015 lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, menggelar Aksi Bersih Sungai. Kegiatan tersebut, merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kota Cirebon dengan Mahasiswa Pecinta Alam (Mata Alam) yang dipusatkan di Sungai Sukalila Kota Cirebon, hari Senin (15/06) ini.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Ir. Trisasongko Widianto, Dipl. HE., menerangkan, dalam kegiatan yang bertema Save Our Rivers tersebut, masyarakat sekitar sungai Sukalila juga dilibatkan. Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai tindak lanjut dari Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat. “Gerakan penyelamatan air sungai sangatlah penting. Diharapkan dapat menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat akan pentiingnya air bagi kehidupan manusia, baik secara kuantitas maupun kualitas,” ujarnya.

Selanjutnya, kegiatan tersebut diharapkan pula dapat memotivasi terbentuknya kelompok peduli sungai di wilayah Cirebon. Seperti sungai Sukalila, sungai Kesunean dan sungai Kalijaga, sehingga kelompok peduli sungai dapat memberikan pembinaan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai, dan tidak mendirikan bangunan di sepanjang aliran sungai.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BBWS Cimanuk Cisanggarung, Kasno, ST. M.Si., megemukakan, pada tahun 2014 telah pula dilakukan kegiatan serupa di wilayah sungai Kedungpane. “Saat itu, kegiatan dilakukan bersama dengan Pemkot Cirebon serta Kecamatan Kejaksan. Telah pula terbentuk kelompok masyarakat peduli sungai di wilayah Kelurahan Sukapura dan Kejaksan di sepanjang aliran sungai Kedungpane.

Kasno menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan mampu membebaskan Kota Cirebon dari bencana banjir yang rutin terjadi di setiap musim penghujan. “Air sungai merupakan persoalan penting bagi manusia. Kita harus selamatkan air sungai untuk kehidupan,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

2484 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below