CCTV untuk Wisata Air

c14

Cirebon24.com – Main air. Wah, ini merupakan salah satu kegiatan yang tentunya disukai siapa saja. Tua muda, besar kecil, laki-laki perempuan. Apalagi kalau main airnya di tempat yang tertata rapih, seperti pantai wisata, kolam renang, waterboom dan lain sebagainya.

Kesempatan dan peluang inilah yang dimaksimalkan sebaiknya oleh para pengusaha. Kini, banyak sekali obyek wisata air yang berdiri dimana saja. Mulai dari kolam renang, kolam rendam air hangat, kolam terapi ikan, waterboom, waterpark dan banyak lagi yang lainnya. Banyak lokasi obyek wisata air ini yang berlomba memikat pengunjung dengan menyediakan beragam wahana kesenangan dan hiburan, seperti varian kolam untuk tiap tingkatan umur, kolam arus, waterboom dan lain-lain.

Nah, seperti sudah menjadi tradisi yang mengakar di masyarakat kita, saat tiba liburan seperti perayaan hari besar keagamaan, libur sekolah maupun libur nasional, maka obyek wisata air ini banyak ‘diserbu’ pengunjung, yang pada akhirnya membuat daya tampung terkadang melebihi kapasitas. Akibatnya, banyak pengelola yang tidak lagi fokus dalam prioritas keamanan dan kenyamanan obyek wisata bagi pengunjungnya. Seperti yang terjadi belum lama ini pada salah satu lokasi obyek wisata air di Kota Cirebon, adanya musibah pengunjung anak-anak yang tenggelam di kolam dewasa karena luput dari pengawasan orang tua dan petugas keamanan kolam. Sampai saat ini, penyelidikan atas musibah tersebut masih ditangani aparat berwajib, di antaranya dengan memeriksa rekaman kamera CCTV dan meminta keterangan dari para saksi.

Sesuai informasi yang ada, memang obyek wisata air tersebut telah dilengkapi dengan jaringan kamera CCTV. Karena itulah, tentu peran dari hasil rekaman CCTV tersebut, merupakan bukti otentik yang pada akhirnya dapat memunculkan kesimpulan pihak mana yang lalai, apakah orang tua ataukah pengelola obyek wisata dalam hal ini petugas keamanan kolam pada saat kejadian. Meski disadari musibah yang terjadi tetap akan terjadi biarpun terpasang kamera CCTV, namun setidaknya dengan adanya kamera CCTV di lokasi-lokasi wisata, bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Selain itu, setidaknya masih terdapat banyak fungsi lain dari keberadaan kamera CCTV di lokasi wisata. Misalnya untuk kamera CCTV di dalam lokasi wisata bisa berfungsi pengawasan terhadap tingkah laku pengunjung di wahana wisata, pengawasan terhadap kebersihan arena wisata, pengawasan terhadap tangan-tangan jahil pelaku vandalisme dan lain sebagainya. Sementara untuk kamera CCTV yang berada di luar lokasi wisata, pengawasan utama yang bisa dilakukan adalah area parkir kendaraan pengunjung supaya dapat terpantau dari oknum-oknum pelaku tindakan kriminalitas, sehingga membuat pengunjung tetap merasa aman dan nyaman saat tengah menikmati wahana wisata. (c24mh)

 

Rekomentasi CCTV untuk Wisata Air

CCTV Indoor CAL-1310AHD
CCTV Outdoor AHD-1345HR-P6W-2M

 

3295 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below