Hindari Ancaman Bahaya Typosquatting Saat Internetan

Typosquatting

Ada banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang jahat dan tidak bertanggungjawab dalam mengelabui korbannya. Salah satunya melalui media internet yang digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia.

Mungkin kamu telah mendengar jenis-jenis ancaman seperti virus, malware, phising, hingga keylogger. Tapi, apakah kamu pernah mendangar ancaman super berbahaya bernama Typosquatting.

Apa Itu Typosquatting?

Typosquatting ialah sebuah jebakan di internet dengan membuat sebuah website palsu dengan nama yang mirip dengan nama-nama website ternama. Metode ini mirip dengan Phising namun lebih mengandalkan kepada kesalahan umum dari pengguna internet yaitu Typo ketika menuliskan alamat website pada browser.

Cara haram ini sebenarnya sudah lama sekali beredar di internet, bahkan sempat menyerang website-website Indonesia. Dulu saja, situs Klik BCA yang memiliki pengguna besar pernah dibuatkan URL palsunya oleh pihak tidak bertanggungjawab dengan alamat Kilkbca.com (dari yang seharusnya Klikbca.com). Selain berbahaya, situs tersebut memiliki tampilan yang persis sama dengan web aslinya, dan berfungsi untuk mencuri data-datalogin dari pengguna.

Ancaman Typosquatting di Era Modern

Meskipun jaman sudah canggih, tapi membuat website dengan nama yang “menyenggol” situs besar masih saja dilakukan. Berikut ini kami punya data yang diperoleh dari situs Makeuseof yang berisi alamat-alamat website palsu yang berusaha menyinggung nama besar di internet.

isp-indramayu-typosquatting-domain-internet

Dapat kita lihat bahwa beberapa pihak bahkan telah membeli banyak sekali website dengan nama yang mirip dengan website lainnya yang lebih terkenal. Situs seperti youtube.omlinkedin.omfacebook.om, dan gmail.om ialah contohnya.

Hal yang membuatnya berbeda ialah situs-situs tersebut menggunakan domain .om sebagai akhirannya. Domain .om berasal dari Oman dan dinilai mirip dengan domain .com. Jika ada orang yang tidak sengaja typo ketika mengetikan alamat website di browsernya, bisa-bisa tersasar ke website “abal-abal” ini.

Ancamannya tidak main-main. Beberapa website tersebut berisi malware flash dan virus berbahaya yang berpotensi dapat mencuri data-data pribadi dari komputer maupun smartphone kamu.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Ancaman Typosquatting tidak dapat diremehkan begitu saja. Makanya, berikut ini kami berikan langkah mudah dalam menghindari risiko website abal-abal tersebut.

  • Selalu cek dan ricek apa yang kamu ketikkan di browser. Bukanlah salah pembuat situs palsu tersebut dengan menggunakan nama-nama yang mirip dengan situs populer. Kesalahan yang paling sering justru datang dari pengguna internet yang terlalu acuh dan mengetik secara asal. Cek kembali setiap alamat website yang kamu ketikan di address bar browser ya.
  • Gunakan antivirus yang mumpuni. Sebagian besar antivirus kini sudah dilengkapi dengan fitur anti-phising dan anti-theft. Fitur tersebut sangat berguna untuk memfilter jenis ancaman seperti Typosquatting ini.
  • Bookmark situs-situs yang sering dikunjungi. Ini adalah langkah paling mudah namun jitu. Jika kamu sering membuka situs-situs tertentu secara rutin, maka membuatkan bookmark-nya adalah langkah yang bagus. Selain membuatnya lebih mudah untuk diakses, bookmark dapat menghindari terjadinya typo ketika mengetik alamat website.

(mentari)

240 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below