Sukses Kebun Sawit Berbasis TI

c25

Cirebon24.com - Jangan remehkan peranan Teknologi Informasi (TI) di perkebunan sawit. Kalau dikelola dengan benar, penggunaan TI bukanlah pemborosan melainkan alat pendukung kinerja perusahaan.

Teknologi yang berkembang cepat jelas tak mampu dihindari sehingga akurasi dan kecepatan menjadi kebutuhan yang fundamental. Bagi perusahaan sawit persoalan teknologi masih banyak dihiraukan sehingga produktivitas CPO (Crude Palm Oil / Minyak Sawit Mentah) pun tidak mampu dikerek secara maksimal. Hal ini terbukti dari masih terjadinya penyimpangan yang terjadi di perkebunan. Disinilah peran Teknologi Informasi menjadi solusi dari masalah tersebut.

Baca Juga : CCTV Telah Menjadi Kebutuhan Primer

Pelaku sawit seringkali menganggap implementasi TI sebagai pemborosan karena biaya yang dikeluarkan sangat tinggi. Kelemahan pertama memang sering dianggap biaya implementasi ini mahal, sebenarnya tidak karena setelah itu perusahaan mampu kalkulasi berapa persen biaya yang dibutuhkan, dan berapa outcome yang mampu diraih.

Ada beberapa contoh aplikasi TI, misalnya berupa penggunaan CCTV untuk fungsi pengawasan di kebun, pemantauan angkutan CPO lewat GPS tracking, dan layanan video conference yang berguna untuk kecepatan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan ini menjadi satu hal yang cukup vital dalam perusahaan perkebunan sawit mengingat harga CPO yang fluktuatif, sifat CPO yang tidak mampu bertahan lama.

Meskipun banyak membantu, bagaimanapun TI merupakan hanya sekedar alat bantu. Butuh hal yang lebih fundamental dari perusahaan untuk penerapan TI. Dibutuhkan komitmen tinggi dari perusahaan untuk menerapkan teknologi dalam rangka mendongkrak produktivitas. Komitmen perusahaan menjadi hal yang mendasar dalam reformasi implementasi TI di perkebunan. Selain itu, dibutuhkan pula manajemen konflik yang sehat karena implementasi TI tentu akan merestrukturasi perusahaan sebagai organisasi, karena implementasi TI bukan hanya mengubah cara kerja, melainkan budaya kerja. (c24mh)

Sumber : sawitindonesia.com

 

Rekomendasi CCTV :

3565 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below