Tips Memilih ISP ( Internet Service Provider )

memilih isp

Maraknya bisnis berbasis digital yang tinggi di tanah air juga diiringi oleh lahirnya berbagai Internet Sercive Provider (ISP) yakni  perusahaan penyelenggara jaringan internet, komunikasi data, serta solusi jaringan. Tercatat oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII),  jumlah pengguna internet tahun 2013 mencapai 71,19 juta. Penetrasi jumlah pengguna internet pun ikut meningkat sampai 28 persen dari 248 juta penduduk Indonesia. Sayangnya, masih banyak pengguna internet yang belum tahu memilih ISP yang tepat.

Jika anda masih bingung bagaimana memilih ISP yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda, berikut Tips memilih ISP (internet service provider):

  1. Perhatikan faktor lokasi. Lokasi ISP yang jauh berakibat pada kecepatan koneksi dan kecepatan respon layanan ketika terjadi gangguan. ISP CIREBON MEGAHUB kini sudah menjangkau beberapa wilayah seperti Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka dan Subang. Sebagai rujukan, ada baiknya mencari referensi pelanggan lain atau penduduk setempat dan minta testimoninya mengenai ISP mana yang memiliki koneksi tercepat.
  2. Cek spesifikasi teknis seperti kecepatan dan kuotaSpesifikasi tersebut meliputi kecepatan akses, quota, dan lain sebagainya untuk menentukan paket internet yang sesuai dengan kebutuhan. ISP CIREBON MEGAHUB memiliki beberapa paket Internet seperti Deicated dan Broadband untuk memenuhi kebutuhan anda dengan biaya yang relatif terjangkau tanpa batasan kuota.
  3. Memilih ISP yang mempunyai record layanan baik dan tim support 24 jam sehari merespon pelanggan dan segera mencari solusi saat terjadi gangguan.
  4. Memiliki backbone. ialah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet yang dapat memberikan jaminan backup koneksi agar Anda dapat menikmati layanan internet stabil dan berkualitas.
  5. Mengantongi izin resmi dari Ditjen Postel Depkominfo RI seperti izin prinsip, izin laik operasi dan izin penyelenggaraan.
  6. Memiliki SLA (Service Level Agreement) agar dapat menjadikan patokan tinggi rendahnya layanan yang akan didapat saat berlangganan nantinya, juga mekanisme komplain dan restitusi.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua dan dapat membantu anda dalam memilih isp yang baik dan benar.

(mentari)

306 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below