Lima Persen APBD Untuk Perpustakaan

Seorang pengunjung tampak tengah membaca buku koleksi Perpustakaan 400 Kota Cirebon.

KESAMBI – Tahun 2015, anggaran pengadaan buku-buku di Perpustakaan 400 Kota Cirebon hanya sebesar Rp. 70 juta. Padahal, jika mengacu pada aturan perundang-undangan No. 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, anggaran pengadaan buku sebesar 5 persen dari APBD Kota Cirebon.

Kabid Perpustakaan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cirebon, Chairul Salam, S.Pd., M.Hum., belum lama ini, mengemukakan, sebenarnya tidak hanya dari APBD, melainkan juga dari APBN dan APBD Propinsi itu memberikan 5 persennya untuk pengadaan buku di perpustakaan. Hanya saja, implementasi tersebut rupanya belum dapat diterapkan. Dalam pengadaan buku disiplin ilmu di Perpustakaan 400 Kota Cirebon, hitungannya dari per kapita Rp. 4 ribu dikalikan dengan jumlah penduduk. “Tapi, walaupun UU Nomor 43 tahun 2007 tersebut belum dapat diimplementasikan, kami tetap menerima anggaran yang telah diberikan oleh pemerintah untuk pengadaan literatur buku disiplin ilmu,” terangnya.

Selanjutnya, jumlah buku disiplin ilmu sudah lebih dari 35 ribu eksemplar dari berbagai judul. Kebanyakan, buku yang dimiliki Perpustakaan 400 Kota Cirebon terdiri dari ilmu agama, ilmu murni, sejarah dan karya umum. Bahkan, jumlah pengunjung setiap harinya lebih dari 100 orang. “Setelah banyak didirikan banyak Perguruan Tinggi di Kota Cirebon ini, jumlah minat baca meningkat setiap tahunnya, mulai dari pelajar SD, SMP, SMA hingga Mahasiswa. Buku yang paling banyak diminati adalah dari buku-buku agama dan sejarah,” jelasnya.

Chairul menambahkan, meski minat baca terus mengalami peningkatan, namun demikian gedung Perpustakaan 400 kondisinya sangat memprihatinkan. Apalagi pada saat ini kondisi kamar mandinya sudah rusak, padahal gedung tersebut belum lama direhabilitasi.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga :

6956 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below