Betonisasi Jalan di WTC

SUMBER – Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon akan melakukan betonisasi terhadap semua jalan tipe Kabupaten di Wilayah Timur Cirebon (WTC) yang sering mengalami kerusakan, sehingga kerusakan jalan akan bisa diminimalisir.

Kepala Bidang Peningkatan Jalan Dinas Bina Marga Kabupaten Cirebon, Ir. Gatot Rachmanto, belum lama ini menerangkan, pihaknya akan melakukan betonisasi terhadap semua jalan yang ada di Kabupaten Cirebon, terutama yang berpotensi sering mengalami kerusakan. “Untuk perbaikan jalan tipe kabupaten yang sering mengalami kerusakan ini kita akan melakukan pembetonan. Jadi enggak semua jalan, tapi hanya jalan yang sering mengalami kerusakan,” ujarnya.

Menurut Gatot, dengan betonisasi maka kualitas jalan pun diharapkan akan meningkat dibandingkan dengan aspal. “Maka dari itu kita pikir, kalau terus pakai jalan aspal, lalu sering sekali rusak, jalan itu lebih baik sekalian saja kita pakai beton agar kualitas jalan pun lebih baik lagi. Karena biasanya kalau sering mengalami kerusakan itu kan mungkin solusinya dengan beton. Walaupun harga beton ini lebih mahal dibandingkan dengan aspal, tapi hitungannya lebih baik ketimbang kita berkali-kali melakukan perbaikan dengan aspal, tapi tetap rusak terus. Jadi lebih baik satu kali pembetonan tapi kualitasnya bagus,” tuturnya.

Gatot menambahkan, banyak dump truck yang melintasi jalan tipe Kabupaten di WTC sangat berpengaruh pada umur jalan. “Dump truck memang sangat berpengaruh pada pendeknya umur jalan. Karena saya pantau itu di daerah Karangwareng dan Pabuaran serta Babakan itu dump truck bukan puluhan atau ratusan, tapi itu ribuan dump truck setiap hari lewat jalan tipe Kabupaten. Sehingga sebagus apa pun kualitas jalan, tapi kalau sering dilintasi ribuan dump truck setiap hari itu tentunya akan memperpendek usia jalan,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

Baca juga : Anggarkan 3,7 M untuk Jembatan Kaligawe

6922 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below