Investor Malaysia Tertarik Kawasan Gronggong

CIREBON – Lokasi Gronggong yang berada di dataran lebih tinggi dari daerah lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi investor. Wajar saja, bila investor Malaysia pun akhirnya menaruh hati pada Kawasan Gronggong. Bahkan sebagai bentuk keseriusannya, investor asal negara Malaysia PT. Amanah Nusantara Internasional sudah menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zaharain Mohamed Hassim, dalam pertemuannya dengan Bupati Cirebon, belum lama ini mengutarakan, Malaysia sebenarnya memiliki rencana investasi yang terdiri dari 8 program pembangunan. Namun, setelah digodok, untuk saat ini pihaknya memilih untuk fokus pada pengembangan kawasan perumahan di puncak Gronggong. Nantinya perumahan ini adalah sebuah kompleks perumahan dengan fasilitas yang representatif. Termasuk juga menyediakan fasilitas rekreasi masyarakat. “Setelah dilihat memang potensi Cirebon sendiri itu luar biasa. Begitu hebat. Saya rasa sangat bagus kalau memang konglomerat Malaysia ataupun serikat Malaysia melihat potensi ini,” tuturnya.

Dijelaskan Datuk Seri, kerja sama antara Malaysia dengan pemerintah Indonesia, telah diawali dengan pembangunan Tol Cikampek Palimanan (Cikapali) yang berada di kawasan Kabupaten Cirebon. Setelah dilihat dari propinsi-propinsi yang ada di Indonesia, Cirebon dianggap pihaknya sebagai kota yang memang menarik. Apalagi kehadiran tol Cikapali juga bisa mendukung Cirebon menjadi kawasan yang berkembang pesat. “Apalagi Cirebon memiliki potensi dalam banyak bidang seperti manufacturing, agrikultur dan maritim. Maka dari itu kita harus bertindak segera,” lanjutnya.

Untuk saat ini, pihaknya masih melakukan pengkajian dan identifikasi. Program Kota Mandiri Gronggong adalah salah satu program yang akan segera direalisasikan. Karena bila dilihat dari rencana awal, tercatat 8 program pembangunan yang menjadi rencana investasi di Kabupaten Cirebon.

Di tempay yang sama, Bupati Cirebon Drs. H. Sunjaya Purwadisastra, MM., M.Si., mengatakan, ada beberapa tahapan pembangunan yang akan dilakukan dengan Malaysia. Pertama, adalah kawasan industri, pelabuhan internasional dan kawasan Gronggong. Secara bertahap, program-program yang direncanakan itu akan direalisasikan. Namun pembangunan Kota Mandiri Gronggong menjadi program utama. “Yang kita utamakan dulu kawasan di Gronggong. Akan kita bangun perhotelan, perumahan, wisata dan yang lainnya,” tuturnya.

Sunjaya menambahkan, pihaknya berharap investasi ini bisa menumbuhkan geliat perekonomian Kabupaten Cirebon. Dirinya pun berharap program-program investasi itu bisa segera direalisasikan. Mengingat dampak yang akan diberikan, sangat besar untuk kemajuan Kabupaten Cirebon. “Mudah-mudahan bisa segera direalisasikan. Ini peninjauan terlebih dahulu, setelah itu baru action yang jelas tidak lama lagi,” tukasnya.

Sumber : radarcirebon.com

12064 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below