Lima Penyakit Ini Lebih Mengerikan dari Ebola!

pisangDavid Sanders, salah satu ahli Ebola dari Amerika memperingatkan bahwa penyakit serius lainnya juga memiliki potensi untuk menyebar di berbagai tempat, serupa seperti Ebola yang berasal dari satwa liar dan menular ke manusia. Beberapa diantaranya baru bermunculan, sementara yang lain sudah dikenal selama bertahun-tahun tapi menimbulkan risiko baru karena perubahan lingkungan atau peningkatan perjalanan lintas batas. Penyakin-penyakit tersebut mungkin berasal dari Afrika, namun karena perjalanan modern yang mengglobal, penyakit-penyakit itu mungkin sudah tidak lagi di Afrika. Salah satu perubahan lingkungan yang mendukung penyebaran beberapa penyakit-penyakit ini adalah kenaikan populasi nyamuk karena pemanasan global.

Berikut adalah lima penyakit yang berpotensi menyebar dan layak mendapat perhatian.

 

  1. Demam Berdarah Dengue (DBD) Sudah mencapai 400 juta orang di seluruh dunia yang terkena demam berdarah setiap tahunnya. Ini adalah penyakit viru dari nyamuk yang mematikan dan melemahkan. Beberapa kasus berkembang menjadi demam berdarah dengue yang menyebabkan pendarahan hingga kematian.
  2. Chikungunya Dijuluki sebagai penyakit “patah tulang” karena penyakit ini menyebabkan nyeri sendi yang sangat menyiksa. Chikungunya mirip dengan demam berdarah karena disebabkan oleh nyamuk. Meskipun jarang berakibat fatal, proses penyembuhan penyakit ini memakan waktu berbulan-bulan.
  3. Hantavirus Penyakit ini ditularkan melalui kontak dengan hewan pengerat yang terinfeksi atau melalui kotorannya. Penyebarannya dapat melalui udara saat manusia menghirup virus dalam bentuk partikel ultramikroskopik. Virus ini memiliki tingkat kematian 36%, dan yang lebih mengerikan, ada laporan bahwa virus ini dapat menular antar manusia.
  4. Demam Rift Valley Meskipun penyakit ini tergolong ringan, ada beberapa yang memiliki tingkat kematian hingga 50%. Manusia dapat tertular virus ini melalui udara yang terinfeksi hewan ternak seperti sapi, domba, dan kambing yang mendapat penyakit dari nyamuk. Ada vaksin ntuk manusia, namun tidak tersedia secara luas, dan jika sudah terkena infeksi, tidak ada pengobatan yang dapat dilakukan.
  5. Demam Berdarah Krimea-Kongo Krimea-Kongo adalah penyakit mematikan yang membunuh dengan cara yang sama seperti Ebola, yaitu melalui pendarahan besar-besaran dan tiba-tiba. Kutu menyebarkan demam Kongo, dan tingkat kematian mencapai 40%. Sama seperti Ebola, demam Kongo juga dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh dari seseorang yang sakit.

 

Jadi, sepertinya falsafah “Lebih Baik Menjaga Kesehatan daripada Mengobati Penyakit”, sudah seharusnya kita kampanyekan dalam kehidupan sehari-hari. (c24)

 

Sumber : dreamersradio.com

8620 Total Views    8 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below