Penyuluh KB Sosialisasikan Bahaya Narkoba kepada Keluarga

wabupKEDAWUNGAncaman bahaya peredaran narkoba harus diwaspadai. Sebab barang haram tersebut mengincar siapa saja. Perlu adanya ketahanan keluarga yang utuh agar ancaman tersebut bisa diminimalisir.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Cirebon, H. Supadi Priyatna, SH., MM., belum lama ini menyatakan, keluarga mempunyai peran strategis dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Melalui keluarga, pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dapat ditanamkan sejak dini. Oleh sebab itu, BPPKB diajak kerjasama oleh BNN untuk ikut serta menyosialisasikan bahaya narkoba kepada sejumlah keluarga melalui penyuluhan yang dilakukan oleh penyuluh KB. “Kami diikutsertakan dalam program penanggulangan bahaya narkoba oleh BNN,” ucapnya.

Lebih lanjut Supadi menjelaskan, pola asuh yang ada di dalam keluarga turut menentukan pencegahan peredaran narkoba kepada kalangan anak muda. Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak harus selalu dibangun. Kenali pula setiap perubahan sikap anak yang drastis sebagai upaya pencegahan terjadinya penyalahgunaan narkoba. ”Bapak dan Ibu memegang peranan yang strategis untuk selalu menjaga agar anak cucunya jangan sampai terjebak dalam penyalahgunaan narkoba,” imbuhnya.

Sementara dalam sambutanya, Wakil Bupati Cirebon H. Tasiya Soemadi mengatakan, BNK Kabupaten Cirebon sudah berupaya maksimal untuk bisa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. Begitu juga upaya penindakan yang tegas kepada para pengedar narkotika sesuai perundang-undangan yang berlaku. Beberapa hal yang harus dijauhi diantaranya psikotropika dan zat adiktif lainnya. “Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama yang sinergi dari semua sektor untuk bisa memerangi narkoba,” katanya.

Tasiya menambahkan, pihaknya berharap, melalui acara pemberdayaan dan peran serta penyuluh KB lingkungan BPPKB Kab Cirebon ini bisa menjadi upaya yang baik untuk membina dan memberikan informasi tentang bahaya narkotika bagi masyarakat dan elemen lainnya. “Terutama dikalangan remaja yang sangat rentan sekali menggunakan narkoba,” pungkasnya.

Sumber : radarcirebon.com

6288 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below