Tari Topeng Temenggung Simbol Ksatria yang Berwibawa

Oleh-oleh Cirebon MAMI Khas Cirebon - Tari Topeng Cirebon 2 small

Wisata Budaya Cirebon – Pakaian serba hitam, mengikuti iringan lagu gamelan menjadi sebuah persembahan penari di daerah Cirebon, Jawa Barat. Mengenakan celana sebatas lutut dan penutup kepala atau yang disebut sobra sebagai hiasan yang melekat di kepala. Topeng merah dengan kumis tebal memperlihatkan karakter yang gagah juga berwibawa. Itulah kira-kira gambaran tari Topeng Temenggung, sebuah tari yang menceritakan ksatria berjiwa arif juga budiman.

Tari Topeng Temenggung merupakan salah satu dari lima tari topeng Cirebon, selain Tari Topeng Panji, Tari Topeng Samba, Tari Topeng Rumyang, dan Tari Topeng Kelana. Kelima tari topeng Cirebon tersebut memiliki karakter dan unsur yang berbeda-beda saat dipentaskan.

Khusus Tari Temenggung, tari ini menceritakan sebuah ksatria yang gagah berani berperang melawan angkara murka. Sosok ksatria tersebut disimbolkan oleh Temenggung, yaitu seorang Adipati dari Magadiraja yang berjiwa pemberani, dihadapkan oleh sang perusuh yang bernama Jinggaanom.

Informasi Tempat Belanja Oleh-oleh khas Cirebon

Dalam gerakan Tari Temenggung, tubuh sang penari terlihat tegap juga elegan. Ini melambangkan sang penari tengah menjadi ksatria yang gagah dan tangkas. Gerakan punggung dan tangan sangat tegas, memperlihatkan tarian ini adalah tarian yang melambangkan seorang ksatria. Walaupun melambangkan ksatria yang gagah, namun tidak jarang tari ini di bawakan oleh kaum wanita.

Tari Topeng Tumenggung diiringi oleh musik gamelan yang dipadukan dengan gendang. Sementara lagu yang biasa digunakan untuk mengiringi pementasan adalah lagu temenggungan, barendodoan, dan barenkering. Tari tradisional Cirebon ini biasa dipentaskan baik secara perorangan maupun kelompok.

Bagi masyarakat Cirebon, topeng dianggap sakral. Selain sebagai simbol dari tanggung jawab, topeng juga dianggap sebagai jati diri seseorang.

Berwisata ke Cirebon tidak lengkap rasanya kalau tidak membawa serta oleh-oleh khas Cirebon, khususnya Cirebon. Tidak perlu bingung harus cari dimana, Anda bisa mampir ke Toko Oleh-oleh Khas Cirebon MAMI di Jalan Siliwangi no. 126 Cirebon atau dengan mengunjungi websitenya di http://oleholehmami.com. Tersedia produk-produk olahan khas Cirebon dan sekitarnya. Tidak perlu khawatir mengenai parkir, Toko Oleh-oleh Khas Cirebon MAMI menyediakan tempat parkir yang cukup luas dan terdapat pula rest area.

Tari Topeng Temenggung merupakan satu dari bagian Topeng Cirebon yang memiliki 5 karakter. Tari Topeng Temenggung merupakan wujud dari seorang ksatria bernama Adipati Temenggung.

Oleh-oleh Khas Cirebon - Tari Tumenggung

Tari ini menceritakan sebuah ksatria yang gagah berani berperang melawan keangkaramurkaan. Topeng Temenggung juga mempunyai arti seorang manusia yang sudah mempunyai tanggung jawab dan mempunyai jati diri.

Oleh-oleh Khas Cirebon - Tari Tumenggung

Topeng Temenggung juga mempunyai arti seorang manusia yang sudah mempunyai tanggung jawab dan mempunyai jati diri.

Oleh-oleh Khas Cirebon - Tari Tumenggung

(Sumber: Indonesiakaya)
678 Total Views    2 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below