Empat Keraton di Cirebon Menjadi Objek Vital

keraton4CIREBONPihak keraton di Kota Cirebon menyambut positif penetapan dari Pihak Kepolisian terkait empat keraton yang dijadikan Objek Vital (Obvit) dan harus mendapatkan penjagaan.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, belum lama ini mengemukakan, penetapan 4 keraton menjadi Objek Vital merupakan bukti pengakuan akan pentingnya keberadaan keraton. “Ini langkah bagus dari Kepolisian. Selain sebagai aset, keraton juga banyak didatangi wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” ujarnya.

Hanya saja pihaknya menyayangkan, perhatian dari pihak Kepolisian tidak diimbangi dengan perhatian yang signifikan dari pemerintah Pusat sampai Daerah. “Sampai saat ini perhatian pemerintah dari Pusat, Provinsi sampai Daerah terhadap bidang budaya berada di titik paling rendah. Sebagai bukti, alokasi anggaran untuk kebudayaan selalu paling sedikit,” ungkapnya.

Sementara itu, dari Juru Bicara Keraton Kanoman, Ratu Raja Arimbi Nurtina, mengungkapkan, pihaknya mengaku belum mendengar kabar tersebut. “Selama sepekan ini, saya tidak ada di lingkungan keraton. Namun sejauh ini, saya belum menerima kabar atau sekedar tembusan info soal itu. Namun demikian jika penetapan yang dimaksud benar adanya, maka hal tersebut tentunya harus disambut positif seluruh pihak Keraton yang ada di Cirebon” tambahnya.

Sumber : cirebontrust.com

9555 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below