935 Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Cirebon

pkbi1DUKUPUNTANGKomisi Penanggulangan AIDS (KPA) bersama dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Cabang Cirebon, menggelar kegiatan lokakarya exit strategy penanggulangan HIV/AIDS tingkat Kabupaten Cirebon. Untuk pesertanya sendiri, berasal perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disnakertrans, Kepala Puskesmas, Karang Taruna, serta stakeholder terkait, bertempat di salah satu aula rumah makan di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, hari Selasa (11/11) kemarin.

Program Manager KPA Kabupaten Cirebon, Aip Syarifudin mengemukakan, kegiatan ini rutin dilakukan, bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Cirebon. Selanjutnya, berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, per September 2014, total kasus HIV/AIDS di kabupaten Cirebon terlaporkan sebanyak 935 kasus, 60% dari kasus tersebut berjenis kelamin laki-laki dan 40% perempuan. Penularan tertinggi berasal dari transmisi seksual. (baca juga : Lokakarya Penanggulangan HIV/AIDS)

“Yang menghawatirkan, 40% dari perempuan pengidap HIV tersebut, 10% diantaranya adalah ibu rumah tangga yang secara langsung maupun tidak langsung tidak melakukan perbuatan seks beresiko. Bahkan data petugas lapangan di tahun 2014 ini kita sedang menangani balita terpapar HIV, ini jelas sangat menghawatirkan,” tambahnya.

Sumber : cirebonnews.com

7558 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below