Disparbud Jabar Revitalisasi Situs di Cirebon

disparbudCIREBON – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat akan merevitalisasi bangunan cagar budaya dan bangunan peninggalan bersejarah yang ada di wilayah Cirebon, seperti Makam Sunan Gunung Jati, Keraton Kesepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Keraton Kaprabonan.

Kasubag Perencanaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Iwan Darmawan, hari Rabu (04/11) kemarin menerangkan, terkait revitalisasi bangunan-bangunan yang bersejarah itu, menutup tahun 2014 hanya bisa dilakukan dengan cara perawatan. Salah satunya dilakukan pada situs gua Sunyaragi.

Iwan mengaku, pihaknya tengah melakukan kompresasi batu–batu yang ada di komplek Gua Sunyaragi agar terlihat lebih indah, termasuk perbaikan bagian atap bangunan yang terbuat dari kayu. “Kondisi kayunya sudah rapuh, jadi harus segera diperbaiki. Revitaslisasi saat ini hanya baru pada upaya perawatan,” ujarnya.

Sejumlah cagar budaya lainnya yang juga dilakukan perbaikan yakni Masjid Sang Ciptarasa dan Keraton Kacirebonan. “Bangunan yang bersejarah itu rata-rata usianya sudah tua, jadi memang harus dilakukan kompresasi dan perawatan,” tambah Iwan.

Sumber : cirebontrust.com

7755 Total Views    4 Views Today

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below